Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Pengumuman CPNS 2021 Instansi Pusat dan Daerah se-Indonesia

Kompas.com - 11/07/2021, 09:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah secara resmi membuka rekrutmen CPNS 2021, termasuk pembukaan lowongan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Informasi pengumuman CPNS 2021 seluruh bisa diakses di www.sscasn.bkn.go.id (SSCASN 2021).

Pengumuman CPNS 2021 sendiri sudah dirilis serentak sejak 30 Juni 2021. Seluruh proses pendaftaran CPNS 2021 dilakukan secara daring melalui SSCASN 2021.

Hingga sekarang, hampir seluruh instansi pemerintah, baik kementerian lembaga pusat maupun pemerintah daerah, sudah merilis informasi pendaftaran dan formasi yang dibutuhkan dalam pengumuman CPNS 2021.

Dalam laman resmi SSCASN 2021, selain pendaftaran CPNS 2021, pemerintah juga membuka rekrutmen untuk tenaga PPPK, terutama untuk formasi guru.

Baca juga: Update Link Formasi CPNS di 47 Instansi Pemerintah Pusat

Setelah membuat akun, pelamar bisa login ke akun SSCASN 2021, kemudian melengkapi biodata dan mengunggah swafoto. Pelaksanaan seleksi akan dilakukan hanya dalam 3 sesi per hari, di titik lokasi yang ditentukan.

Usai masa pendaftaran berakhir, instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2021, PPPK non-guru serta guru mulai melakukan verifikasi administrasi para peserta seleksi.

Pendaftaran CPNS 2021 akan berakhir sampai dengan 21 Juli 2021. Setelah verifikasi seleksi administrasi, hasilnya akan diumumkan pada 29 Juli 2021.

Bagi calon pendaftar, BKN sudah menyediakan sistem informasi informasi pendaftaran CPNS dan PPPK untuk semua instansi pemerintah se-Indonesia, baik kementerian/lembaga pusat maupun instansi pemerintah daerah (pemda).

Baca juga: Ada 3.879 Formasi Sipir Penjara untuk Lulusan SMA, Berapa Gajinya?

Informasi yang tersedia antara lain pengumuman pendaftaran CPNS 2021, alur pendaftaran, jumlah formasi yang dibuka, persyaratan, dan kualifikasi pendidikan.

Cara pertama:

  • Buka laman https://data-sscasn.bkn.go.id/periode
  • Pada bagian kolom pencarian atau "Search", ketik nama instansi yang dicari.
  • Tunggu beberapa saat, sistem SSCASN akan menampilkan instansi yang dicari
  • Beberapa informasi yang tersedia yakni status pembukaan, nama instansi, jenis pengadaan, waktu pembukaan dan berakhirnya periode pendaftaran, dan tautan pengumuman CPNS 2021.
  • Pada bagian link informasi, klik tombol "Pengumuman" yang berwarna biru
  • Sistem akan menampilkan informasi pendaftaran CPNS 2021 masing-masing instansi sesuai yang dipilih.

Cara kedua

  • Buka laman https://data-sscasn.bkn.go.id/spf
  • Isi kolom yang tersedia yakni jenis pengadaan, instansi, tingkat pendidikan, dan pendidikan
  • Setelah selesai terisi semua, klik tombol "Cari" di bagian bawah
  • Sistem akan menampilkan informasi sesuai dengan kualifikasi yang diisi meliputi instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formasi, informasi formasi disabilitas, dan jumlah kebutuhan CPNS 2021. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com