Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 Berbayar Dimulai Hari Ini, Kimia Farma Isyaratkan Gandeng Bukalapak dan Halodoc

Kompas.com - 12/07/2021, 07:38 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai hari ini (12/7/2021), vaksinasi gotong royong berbayar yang kini menyasar individu atau per orangan diterapkan oleh PT Kimia Farma Tbk (KAEF). Terdapat 8 klinik Kimia Farma yang berada di 6 kota wilayah Jawa dan Bali akan melayani vaksinasi gotong royong tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kimia Farma Diagnostik Agus Chandra mengatakan, untuk melaksanakan vaksinasi tersebut, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melibatkan sejumlah platform digital seperti Bukalapak dan Halodoc.

"Kami juga akan membuka kerja sama layanan dengan digital yang lain, seperti Bukalapak, Halodoc untuk melakukan registrasi. Intinya kami akan memperluas kesempatan kepada masyarakat dan mempermudah untuk mendapatkan vaksinasi gotong royong individu," katanya dalam konfrensi pers virtual, dikutip Senin.

Baca juga: Mulai 12 Juli, Klinik Kimia Farma Layani Vaksinasi Covid-19 Individu

Lebih lanjut ia menjelaskan proses pendaftaran vaksinasi gotong royong individu ini melalui tiga cara.

Pertama, melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255. Kedua, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor Whatsapp.

Ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Kimia Farma Mobile sendiri kini masih dalam proses penyempurnaan dan penggunaannya segera disampaikan dalam waktu dekat.

"Di akhir Minggu ini, mungkin kita bisa melakukan pendaftaran melalui KM Mobile. Sedangkan journey melalui KM Mobile mungkin baru bisa dilakukan dalam dua atau tiga hari ke depan," ujarnya.

"Masyarakat bisa segera mendaftar menggunakan call centre dan website. Begitu Kimia Farma Mobile sempurna, kami akan segera mempublikasikan penggunaannya, karena menurut kami pendaftaran melalui KF Mobile dapat menghindari antrean panjang. Dengan hanya satu jari, beberapa langkah pendaftaran dapat dilewati," sambung Agus.

Pendaftaran kepesertaan akan berisi penentuan tanggal, waktu dan lokasi vaksinasi. Dengan demikian calon peserta dapat menentukan waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam pelaksanaannya nanti, pihak Kimia Farma akan menjalankan proses vaksinasi sesuai petunjuk Kementerian Kesehatan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Daftar 6 Kota yang Sediakan Vaksin Individu Berbayar dari Kimia Farma

Berikut lokasi 8 klinik Kimia Farma yang melayani vaksinasi gotong royong individu berbayar ini:

1. Jakarta, Klinik KF Senen, kapasitas 200 orang per hari

2. Jakarta, Klinik KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

3. Jakarta, Klinik KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari

4. Bandung, Klinik KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari

5. Semarang, Klinik KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari

6. Solo, Klinik KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

7. Surabaya, Klinik KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari

8. Bali, Klinik KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari

Baca juga: Jual Vaksin Berbayar, Kimia Farma Klaim Tidak Cari Untung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com