Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Catat Pembayaran Pajak Online Naik 3 Kali Lipat di Kuartal I 2021

Kompas.com - 13/07/2021, 19:15 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTokopedia mencatatkan kenaikan jumlah transaksi hampir 3 kali lipat untuk pembayaran pajak nasional dan daerah secara online pada kuartal I tahun 2021 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, jumlah transaksi pembayaran penerimaan negara melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang terkoneksi dengan Tokopedia secara keseluruhan meningkat hampir 4 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Secara spesifik, transaksi pembayaran Pajak Online meningkat hampir 3 kali lipat, pembayaran PNBP meningkat lebih dari 5 kali lipat serta Bea dan Cukai meningkat hampir 6 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” kata Astri dalam siaran pers, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Harga Obat dan Kebutuhan Terkait Covid-19 Melonjak, Tokopedia Ancam Tindak Penjual Nakal

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, Tokopedia juga memiliki fitur E-Samsat untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kep. Riau, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Fitur ini juga mencatatkan kenaikan 3 kali lipat pada kuartal I tahun 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara untuk transaksi pembayaran PBB juga meningkat hampir 4 kali lipat pada kuartal I tahun 2021.

Untuk mendukung digitalisasi system pembayaran, Tokopedia menjalin kerja sama dengan Kementerian Keuangan RI untuk lebih dari 900 jenis penerimaan negara, yakni Pajak Online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Bea Cukai.

Sebelumnya Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati berharap metode pembayaran digital diharapkan mampu memudahkan akses masyarakat dalam meningkatkan inklusi keuangan sekaligus meningkatkan peneriamaan negara.

Baca juga: Tokopedia Hadirkan Fitur TokoCabang, Apa Itu?

“Inovasi ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, pelayanan publik dan ekonomi digital sekaligus membantu pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemic,”ungkap Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com