Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Vaksinasi Gratis di Bandara Soekarno-Hatta pada 12-25 Juli 2021

Kompas.com - 14/07/2021, 18:48 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung percepatan distribusi vaksin nasional, Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan-Kementerian Kesehatan (KKP-Kemenkes) Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II, dan Traveloka meluncurkan layanan vaksinasi di bandara.

Lokasinya di Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Layanan vaksinasi ini beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, mulai 12-25 Juli 2021 dengan menyasar masyarakat umum usia 18 tahun ke atas termasuk lansia, tanpa syarat domisili.

Baca juga: Kesulitan Dapat Vaksinasi Covid-19, WN Jepang di Indonesia Kembali ke Negara Asalnya

Vaksinasi menargetkan 14.000 penerima vaksin untuk dosis pertama selama dua minggu periode pelaksanaan.

"Salah satu prioritas pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini adalah dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Target kami untuk dapat melakukan vaksinasi satu sampai dua juta dosis setiap harinya. Untuk itu, kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan, seperti yang dilakukan oleh Kemenkes, KKP, AP II, dan Traveloka untuk menghadirkan layanan vaksinasi di bandara ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu melalui keterangan tertulis, Rabu (14/7/2021).

Senada dengan Kemenkes, Executive General Manager Bandara Internasional Soetta Agus Haryadi menuturkan, pentingnya untuk memberikan kemudahan akses vaksinasi kepada masyarakat.

Menurut dia, pemilihan lokasi vaksinasi di kawasan bandara dinilai tepat karena sebagai akses keberangkatan dan kedatangan penumpang dengan traffic yang cukup tinggi.

Baca juga: Berangkat Vaksinasi Boleh Naik KRL Tanpa STRP, Ini Syaratnya

"Bandara merupakan gerbang bagi masyarakat yang harus bepergian ke kota lain dengan jumlah pengunjung harian yang cukup banyak. Oleh karena itu, menghadirkan fasilitas vaksinasi di bandara diharapkan dapat memudahkan orang yang akan melakukan perjalanan untuk melindungi dirinya maupun daerah tujuannya. Tak hanya bagi orang yang melakukan perjalanan saja, kami juga membuka layanan ini untuk masyarakat umum, termasuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar bandara, guna mendorong terbentuknya herd immunity di Jabodetabek," kata Agus.

Sementara itu, Director of Transport Traveloka Iko Putera mengungkapkan, layanan vaksinasi di bandara merupakan salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk membantu upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi digagas oleh Traveloka ini telah berlangsung di Yogyakarta dan Tangerang Selatan.

Iko menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam layanan vaksinasi di bandara dapat mendaftar melalui Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka, dengan memilih tanggal dan jam kedatangan.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Gotong Royong, Kadin Tunggu Suplai dari Bio Farma

Traveloka juga menyediakan voucher senilai Rp 150.000 untuk produk Airport Transfer yang akan diperoleh setelah melakukan registrasi vaksin.

"Pemanfaatan teknologi di platform Traveloka memudahkan masyarakat untuk melakukan registrasi secara online dengan mengedepankan penjadwalan vaksinasi yang terstruktur guna menghindari penumpukan. Sebagai lifestyle superapp, kami percaya bahwa memperluas kolaborasi dan juga menghadirkan inovasi dan merupakan salah satu strategi dalam upaya bersama bangkit dari pandemi," ujar Iko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com