Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pengusaha Ini Beberkan Tips Sukses Bangun Bisnis dengan Modal Minim

Kompas.com - 16/07/2021, 21:02 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang mungkin pernah bermimpi menjadi pengusaha sukses dan besar. Selain bisa jadi bos untuk diri sendiri, menjadi pengusaha juga bisa membuat orang melakukan hal yang digemari atau memaksimalkan potensi diri.

Namun, mewujudkan mimpi tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu alasan yang sering jadi kendala adalah keterbatasan modal usaha.

Bagaimana pun, mengeksekusi ide bisnis, membuat produk yang bagus, hingga memberikan pelayanan terbaik memerlukan modal usaha. Apalagi persaingan bisnis yang ketat sekarang ini membutuhkan modal banyak untuk promosi.

Walau demikian, bukan tidak mungkin seseorang bisa membuka bisnis dengan modal minim. Terkadang, tekad yang kuat, kreativitas, dan perencanaan yang matang bisa mengatasi keterbatasan modal.

Hal tersebut dibuktikan oleh pemilik usaha Ayam Goreng Nelongso Nanang Suherman. Dalam acara ShopeePayTalk bertema “Modal Ratusan Ribu, Omzet Ratusan Juta”, Jumat (16/7/2021), ia mengaku memulai usaha dengan modal hanya ratusan ribu saja.

Baca juga: Gandeng SnackVideo, ShopeePay Permudah Gen Z Tuai Pendapatan dari Hobi

“Berawal dengan modal sebesar Rp 500.000, saya mulai merintis Ayam Goreng Nelongso yang saat itu hanya memiliki satu jenis menu,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dia menuturkan, menu andalannya kala itu adalah paket nasi dengan sayap ayam dan sambal yang dijual seharga Rp 5.000. Namun, usaha tersebut bisa sukses karena dari awal sudah menentukan target pasar yang ingin disasarnya.

“Saya sengaja membuat paket menu murah meriah karena sejak awal saya bertekad untuk menyasar mahasiswa sebagai target pasar,” terangnya.

Nanang menerangkan, dengan menentukan target pasar yang ingin disasar, pelaku usaha dapat menciptakan solusi dari permasalahan dari target pasarnya.

Dengan begitu, para pelaku usaha dapat membangun strategi bisnis yang tepat. Mereka juga dapat menciptakan produk maupun jasa sesuai dengan masalah yang ada di target pasarnya.

Baca juga: Peringati Hari Kebangkitan Nasional, ShopeePay Dorong Perkembangan Bisnis Anak Muda

Itulah sebabnya, Ayam Goreng Nelongso hingga sekarang selalu konsisten menghadirkan beragam menu terjangkau yang ramah bagi kantong mahasiswa.

Selain itu, Nanang terus pula berupaya menerapkan strategi bisnis yang sesuai untuk menjangkau target pasar, seperti mendirikan gerai dekat area kampus, tempat kos, hingga menyediakan pembayaran digital, seperti ShopeePay.

“Sebab, anak muda lebih suka cashless dan gemar mencari promo cashback agar lebih hemat. Saat ini, Ayam Goreng Nelongso memiliki 71 gerai yang tersebar di Indonesia,” jelasnya.

Seperti Nanang, Brand and Marketing Director COTTONINK Ria Sarwono dalam acara tersebut juga mengaku memulai bisnisnya dengan modal minim. Bersama Creative Director COTTONINK Carline Darjanto, keduanya bertekad membangun brand secara sederhana.

“Modal yang kami keluarkan pun tidak seberapa tetapi kami mencoba memasarkan barang yang sesuai dengan tren dan diminati pasar pada saat itu,” ujarnya.

Baca juga: Mudahkan Pembayaran Digital bagi Masyarakat, ShopeePay Gandeng Indomaret

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com