Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Mengecek Keaslian Emas Antam

Kompas.com - 17/07/2021, 15:30 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam cara bisa dilakukan masyarakat untuk mengetahui cara mengecek keaslian emas Antam. Asli atau palsunya emas tersebut patut diketahui agar Anda tak merasa rugi saat membeli logam mulia tersebut.

Sebab, ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan dari ketidaktahuan orang dalam mengetahui keaslian emas.

Lantas, bagaimana cara mengecek keaslian emas Antam?

Baca juga: Turun Rp 7.000, Simak Rincian Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini

Mengutip laman logammulia.com, berikut cara mengecek keaslian emas:

  • Perhatikan Bagian Fisik Emas

Perbedaan antara emas asli dan emas palsu bisa dilihat dari fisiknya. Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan.

Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

  • Digosok

Silakan Anda coba pegang dengan baik emas yang Anda beli tersebut, kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda.

Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

  • Digigit

Emas adalah logam mulia lunak, sehingga mudah sekali dibentuk. Jika si penjual tawarkan emas dengan kadar tinggi, maka Anda bisa cek lunak atau tidaknya emas tersebut dengan mudah.

Sebab, semakin tingginya kadar karatnya, maka emas akan jadi semakin lunak.

Cara mengetahui asli dan palsunya emas tersebut paling mudah adalah dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, itu artinya emas asli.

Baca juga: Mengintip Pergerakan Harga Emas Antam dalam Sepekan Ini

Walaupun demikian, sangat disarankan sekali agar Anda tidak buru–buru membelinya. Sebab, bisa jadi material yang menyusun emas palsu itu adalah timah, karena logam timah juga termasuk golongan logam lunak.

  • Dekatkan dengan Magnet

Emas pada dasarnya termasuk logam yang sifatnya non magnetis. Itu berarti jika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau pun menempel.

Harus diingat juga, bahwa pengujian satu ini tak berarti emas yang Anda miliki terjamin keasliannya, sebab masih ada banyak sekali logam lainnya yang memiliki sifat non magnetis.

  • Goreskan di Keramik atau Kertas

Cara mengecek keaslian emas Antam yang lain adalah dengan menggunakan keramik atau keras. Jika emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisahkan bekas, itu artinya emas tersebut adalah asli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com