Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudiantara Ditunjuk Jadi Komisaris Utama Amartha

Kompas.com - 19/07/2021, 16:16 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Periode 2014-2019, Rudiantara, kini bergabung sebagai komisaris utama di salah satu pemain fintech lending, Amartha, sejak 1 Juli 2021. Bersama Amartha, Rudiantara memiliki misi mendorong dan memperkuat Amartha dalam mempercepat digitalisasi pelaku usaha mikro sektor informal di Indonesia.

Rudiantara menjelaskan bahwa Amartha adalah perusahaan fintech yang menciptakan dampak sosial luar biasa karena melayani segmen masyarakat dalam piramida ekonomi terbawah.

“Saya merasa terhormat dapat bersama-sama dengan Amartha mengakselerasi layanan keuangan untuk masyarakat yang tidak terlayani dan masyarakat yang memiliki akses tapi hanya mempunyai pilihan terbatas,” jelas Rudiantara, Senin (19/7/2021

Amartha menyalurkan permodalan usaha untuk perempuan pengusaha mikro di desa dengan nilai pinjaman rata-rata Rp 3,6 juta. Hingga Juni 2021, secara akumulatif Amartha telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,9 triliun pada 723,918 mitra.

Baca juga: H-1 Idul Adha, Harga Daging Sapi Hingga Gula Pasir Melonjak

“Dalam upaya mengakselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia tidak ada jalan lain selain harus mendorong kebijakan keberpihakan dengan menjadikan UMKM sebagai subyek. Dimana UMKM senantiasa diberi kesempatan, diberi nilai tambah secara ekonomi dan sosial untuk lebih maju dan sejahtera. Tidak hanya sebagai objek, dimana UMKM hanya sebagai konsumen atau penerima layanan saja. Sehingga harapannya teknologi dapat dimanfaatkan UMKM, termasuk fintech sebagai enabler.” tambah Rudiantara.

Andi Taufan Garuda Putra selaku Founder and CEO Amartha menyampaikan antusiasmenya dalam menyambut Rudiantara sebagai komisaris utama Amartha.

Menurutnya, pengalaman matang dari Rudiantara di bidang teknologi dapat memberikan kontribusi kepada Amartha dalam mempercepat digitalisasi UKM Informal di Indonesia. Salah satu pencapaian penting dari Rudiantara ialah membangun kebijakan-kebijakan dalam membangun infrastruktur digital di wilayah remote untuk mendukung UMKM.

“Amartha merasa terhormat menyambut Bapak Rudiantara menjadi bagian dari keluarga besar Amartha. Amartha optimis kehadiran Beliau akan memberikan wawasan dan kebijaksanaan dalam membangun kepemimpinan dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan perusahaan,” tutur Taufan. (Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Gegara Tapping Box, Bakso Sony Tutup Semua Gerainya, Alat Apa Itu?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Mantan Menkominfo Rudiantara jadi komisaris utama Amartha Group

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com