Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Optimistis Herd Immunity Bisa Tercapai Akhir 2021

Kompas.com - 21/07/2021, 15:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis, kekebalan kelompok atau herd immunity bisa tercapai pada akhir tahun 2021. Optimisme itu sejalan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang terus di genjot pemerintah.

"Kalau saya pikir sih mestinya bisa," ujarnya dalam acara B-Talk Kompas TV, Selasa (20/7/2021).

Luhut mengatakan, pada daerah-daerah utama seperti Jakarta dan Bali pun tingkat vaksinasi sudah tinggi, sehingga diyakini herd immunity di kedua wilayah tersebut bahkan akan tercapai pada September 2021.

Baca juga: Memahami Kalimat Jokowi Ketika Umumkan Perpanjangan PPKM Darurat

"Seperti Jakarta dan Bali, mungkin September bisa, kan jumlah vaksin saja di Jakarta sudah mendekati 75 persen, bulan depan sudah bisa 80 persen, di Bali pun sudah 80 persen," ungkapnya.

Di sisi lain, pemerintah pun akan melakukan akselerasi vaksinasi. Salah satunya dengan mendorong pelaksanaan vaksin di wilayah-wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, hingga Surabaya Raya.

"Jadi akan dibikin simpul-simpul utama dan itu kita selesaikan, supaya nanti itu mengembangkan ke luar," jelas Koordinator PPKM Darurat tersebut.

Luhut menambahkan, selain upaya membentuk herd immunity, pemerintah pun mendorong penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat miskin. Ia bilang, pemerintah tengah berupaya untuk memastikan penyaluran bansos bisa tepat sasaran.

Menurutnya, saat ini Kementerian Sosial telah memperbaiki data penerima bansos, sehingga diyakini penyalurannya akan lebih baik. Di sisi lain, distribusinya akan melibatkan pula bantuan dari pihak TNI dan Polri.

"Bu Mensos itu lakukan harmonisasi data, itu datanya semakin bagus. Jadi sudah selesai data di Himbara, nah itu saya pikir penyalurannya dalam 1-2 hari ke depan sudah baik," pungkasnya.

Baca juga: Alasan di Balik Permintaan Maaf Luhut Soal PPKM Darurat Belum Optimal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com