Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

18 Pejabat Eselon II Kemenaker Resmi Dilantik, Ini Pesan Menaker Ida

Kompas.com - 21/07/2021, 19:44 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berpesan kepada 18 Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk bekerja secara maksimal dan menghilangkan ego pribadi.

“Saya berharap ,saudara dapat segera bekerja secara maksimal, bekerja keras dan bekerja cerdas, untuk kemajuan organisasi. Hilangkan ego-ego pribadi dan unit yang pada akhirnya menghambat kinerja kementerian kita secara keseluruhan,” tegas Ida dalam agenda pelantikan pejabat Eselon II Kemenaker, Rabu (21/7/2021).

Adapun sebanyak 18 Pejabat Eselon II yang baru dilantik adalah Mukhtar Rosyid Harjono sebagai Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kemnaker, Narsih sebagai Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM), Muhammad Arif Hidayat sebagai Kepala Biro Kerja Sama dan Muchamad Yusuf sebagai Kepala Pusat Pasar Kerja.

Selanjutnya, Muchtar Azis sebagai Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan, Syamsi Hari sebagai Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan), Nora Kartika Setyaningrum sebagai Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, dan Rendra Setiawan sebagai Direktur Bina Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Baca juga: Beri Opsi Jam Kerja kepada Perusahaan, Menaker Ida: Prokes 5M Tak Bisa Ditawar

Kemudian, Heru Widianto sebagai Direktur Kelembagaan dan Pencegahan Perselisihan Hubungan Industrial dan Sunardi Manampiar Sinaga sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ditjen Binwasnaker dan K3).

Lebih lanjut, Nurhijab sebagai Inspektur I, Agus Triyono sebagai Inspektur II, Mohammad Mustafa Sarinanto sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan, dan Muhyiddin sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Ketenagakerjaan.

Lalu, Menaker Ida juga melantik Heru Wibowo sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Andri Susila sebagai Kepala BBPLK Medan, Herman Bija sebagai Kepala BBPLK Bekasi dan Iwan Darmawan sebagai Kepala BBPPK dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Lembang.

Melalui pelantikan Eselon II baru tersebut, Menaker Ida ingin mengoptimalkan kinerja dan penyerapan anggaran Kemenaker, sehingga program dan kebijakan Kemenaker dapat dirasakan langsung oleh rakyat.

Baca juga: Lindungi Hak Pekerja, Kemenaker dan ILO Kumpulkan Aspirasi Pelaku Sektor Perikanan

Menurutnya, jabatan pimpinan tinggi pratama merupakan ujung tombak dalam perumusan dan penentuan eksekusi kebijakan langsung di lapangan.

Keberadaan Pejabat Eselon II, lanjut Menaker Ida, sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Kemenaker.

Ia memaparkan, perubahan dan penataan organisasi Kemenaker telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Ketenagakerjaan.

Hal tersebut mengharuskan Kemenaker untuk bergerak cepat dalam mengimplementasikan Permenaker agar tugas dan fungsi Kemenaker segera berjalan sesuai rencana.

Menaker Ida berharap, perubahan dan penataan organisasi tersebut dapat mendukung pelaksanaan sembilan lompatan besar Kemenaker, yaitu reformasi birokrasi, ekosistem digital siap kerja, transformasi balai latihan kerja (BLK), serta link and match ketenagakerjaan.

Baca juga: Lewat Platform Sisnaker, Kemenaker Minta Perusahaan Lapor WLKP Secara Online

Lebih lanjut, lompatan besar Kemenaker juga termasuk transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, dan reformasi pengawasan.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan para pejabat pimpinan tinggi patama yang dilantik hari ini, agar segera menyesuaikan diri dan melakukan konsolidasi internal pada unit kerjanya masing-masing,” kata Menaker Ida dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (21/7/2021).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com