Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh Pesat, Layanan Digital Sektor Keuangan di Indonesia Masih Perlu Diperkuat

Kompas.com - 22/07/2021, 19:29 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan digital sektor keuangan di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan semenjak merebaknya pandemi Covid-19.

Namun, fondasi layanan digital tersebut dinilai masih harus diperkuat.

Country Manager VMware Indonesia Cin Cin Go mengatakan, berdasarkan temuan VMware Digital Frontiers 3.0 Study, sektor industri layanan keuangan di Indonesia telah mengambil loncatan besar sejak merebaknya pandemi tahun lalu.

Baca juga: BCA Digital Tawarkan Fitur Bisa Buka 10 Tabungan dalam 1 Rekening

Hal tersebut terefleksikan dengan 9 dari 10 atau 90 persen responden Indonesia menyatakan lebih memilih beralih dari sistem pembayaran tunai ke nirkontak.

Ini menjadi angka tertinggi dibanding negara lain di Asia Tenggara.

“Industri keuangan mengembangkan inovasi-inovasi dalam menghadirkan digital experience mutakhir yang mulus berbasis pada teknologi masa depan,” kata Cin Cin dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021).

“Kini nasabah telah memahami dengan teknologi-teknologi tersebut dalam mendukung interaksi mereka dengan layanan bank,” tambah dia.

Namun demikian, ia menilai,VMware harus menjaga ketangguhan dan tingkat kompetitif, terlebih Indonesia digadang-gadang akan menjadi hub ekonomi syariah terbesar di Asia berikutnya.

Baca juga: Digital Talent, Antara Kebutuhan Industri dan Tantangan

"Penting bagi perusahaan di Indonesia untuk memperkokoh bangunan fondasi teknologi masa depan, seperti pemanfaatan Cloud, sebagai prioritas dalam memacu transformasi di ranah ekosistem keuangan sekaligus mendorong pertumbuhan perekonomian digital bangsa," tutur Cin Cin.

Hasil studi VMware menyebutkan, hampir seperempat atau sekitar 24 persen responden Indonesia yang merasa bahwa organisasi-organisasi layanan finansial kurang mampu beradaptasi atau meningkatkan layanan di tengah dinamika yang terjadi di industri.

Angka tersebut dinilai menggambarkan urgensi bagi industri tersebut dalam memperkuat tumbuhnya inovasi mutakhir sebagai strategi dalam memuaskan kebutuhan nasabah.

“Dukungan dari pemerintah dalam membangun ekosistem keuangan yang inklusif merupakan kunci keberhasilan bangsa Indonesia dalam cakap merespons, beradaptasi, serta mempercepat pertumbuhan bisnis di dalam paradigma digital yang baru saat ini,” ucap Cin Cin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com