Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Perusahaan Rumah.com Bakal IPO di Bursa Efek New York

Kompas.com - 26/07/2021, 17:25 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PropertyGuru Group yang merupakan induk perusahaan dari Rumah.com berencana melakukan penawaran saham perdana (Initial public offering/IPO) di Bursa Efek New York (New York Stock Exchange/NYSE).

Rencanananya, PropertyGuru Group melakukan IPO melalui perusahaan kemitraan Bridgetown 2, sebuah perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang didirikan oleh Pacific Century Group dan Thiel Capital LLC.

Para pihak secara resmi telah menandatangani kesepakatan kombinasi bisnis, yang nantinya perusahaan gabungan tersebut diproyeksikan IPO di NYSE.

Baca juga: Mau Beli Apartemen? Pahami Apa Itu SHMSRS dan Aturan Kepemilikannya

Chief Executive Officer and Managing Director PropertyGuru Group Hari V Krishnan menjelaskan bahwa pihaknya telah membangun posisi kepemimpinan pasar di ekosistem properti Asia Tenggara.

Rencana IPO ini juga tidak lepas dari kesiapan perusahaan dengan memertimbangkan rekam jejak pertumbuhan pendapatan.

“Kesuksesan perusahaan sebagian besar adalah hasil dari investasi dalam teknologi selama bertahun-tahun dan menangkap peluang pertumbuhan strategis belakangan ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (26/7/2021).

Dia mengaku telah menemukan mitra yang tepat untuk membantu perusahaan menyampaikan misi bersarnya kepada investor pasar publik.

Baca juga: Jelang IPO, Perusahaan Voucher Digital ini Alami Kelebihan Pesanan

“Kami senang bermitra dengan Bridgetown 2 karena bisa mempercepat misi perusahaan untuk menjadi penasehat properti tepercaya,” bebernya.

Menurutnya, proses menjadi perusahaan publik ini akan memberi sumber daya keuangan yang lebih besar bagi manajemen untuk melakukan yang terbaik dalam hal membantu orang menemukan, membiayai, dan memiliki rumah mereka dengan cara yang efisien dan transparan.

“Kami percaya bahwa langkah-langkah strategis dan proaktif yang telah kami ambil selama 18 bulan terakhir akan memungkinkan kami untuk tetap menjadi yang terdepan dalam kebutuhan pasar yang terus berkembang, yang semakin dibentuk oleh pertumbuhan populasi yang makmur dan berkemampuan digital yang tinggal di kota-kota di seluruh Asia Tenggara,” bebernya.

Sementara itu, Chairman Bridgetown 2 Matt Danzeisen mengatakan bahwa pihaknya telah mengevaluasi sejumlah perusahaan yang sangat mengesankan di seluruh Asia Tenggara dan menilai cocok menjalin kemitraan dengan PropertyGuru.

“Mereka membantu mendefinisikan industri PropTech di Asia Tenggara dan membawanya ke level yang baru dengan memanfaatkan teknologi dan data untuk menciptakan pasar properti digital yang tepercaya dan transparan,” ujarnya.

Baca juga: 1.367 Rumah Subsidi di Kalbar Dapat Bantuan PSU Rp 9,49 Miliar

“Kami percaya PropertyGuru baru menyediakan sebagian saja dari apa yang dapat diberikannya karena pasar properti Asia Tenggara terus meningkat serta berkembang,” sambungnya.

President Thiel Capital Peter Thiel juga turut buka suara mengenai kerja sama yang terjalin untuk menuju IPO di NYSE.

“Pasar properti mungkin merupakan pasar tertua di dunia, dan baru sekarang mulai berubah dengan cepat. Dengan PropertyGuru yang telah mempelopori perubahan pasar properti di Asia Tenggara, Bridgetown 2 akan memberikan modal dan keahlian untuk mempercepatnya lebih jauh,” jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com