Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKK Migas Mulai Eksplorasi Migas di Lamongan

Kompas.com - 26/07/2021, 20:33 WIB
Hamzah Arfah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Jawa-Bali-Nusa Tenggara (SKK Migas Jabanusa), bakal memulai kegiatan eksplorasi di wilayah Kabupaten Lamongan bulan depan.

Hal ini terungkap setelah Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Nurwahyudi melakukan audiensi dengan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di ruang kerja Pemkab, Senin (26/7/2021).

"Ini merupakan pertama kalinya hulu migas melakukan eksplorasi di Lamongan. Ada banyak sekali peluang di Kabupaten Lamongan untuk dilakukan eksplorasi, sangat tinggi sekali," ujar Nurwahyudi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Baca juga: Kepala SKK Migas Minta Proyek Gas JBT Cepat Diselesaikan

Nurwahyudi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengeboran di sumur Kasuari Emas KSE-001 yang berada di wilayah Desa Beru mulai bulan depan. 

Pada Bulan Agustus 2021 ini pihaknya akan melakukan pengeboran, dengan saat ini sedang dilakukan tahapan persiapan lahan di lokasi. Ia pun mengungkapkan, telah mengantongi izin dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Perhubungan untuk agenda eksplorasi.

Dalam audiensi kali ini, PT. Pertamina EP Asset 4 selaku pelaksana eksplorasi yang diwakili Humas Relation Achmad Setiadi sempat menjelaskan, berbagai kegiatan dan aktivitas saat dilakukan eksplorasi hingga selesai pengeboran.

"Kami selaku pelaksana, akan melakukan berbagai prosedur yang sangat ketat terkait kesehatan para pekerja, sehingga tidak menimbulkan klaster baru," ucap Achmad Setiadi.

Nantinya sebelum masuk wilayah Lamongan, jelas Achmad Setiadi, para pekerja sudah melewati karantina selama 14 hari dan telah menjalani tes antigen.

Baca juga: SKK Migas Sebut Ada 100 Anjungan Migas Lepas Pantai yang Sudah Tak Beroperasi

 

Sementara usai bekerja, para pekerja akan dilakukan sterilisasi, sehingga akan memberi rasa aman terhadap masyarakat setempat.

Di satu sisi, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan dukungan penuh kegiatan eksplorasi yang akan dilakukan oleh SKK Migas mulai bulan depan di wilayah Desa Beru, yang dalam agenda kali ini bakal dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 4.

"Kami mendukung eksplorasi ini sesuai kewenangan, sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutur Yuhronur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com