Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Koperasi Harus Tetap Bergerak di Masa Pandemi

Kompas.com - 28/07/2021, 08:24 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah telah memberikan stimulus Rp 1,29 triliun kepada 100 koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Di masa pandemi saat ini, koperasi harus tetap bergerak secara produktif dan kreatif,” ujarnya dalam Webinar Spesial HUT Koperasi ke 74, seperti dikutip Kompas,com dari siaran pers, jakarta, Rabu (28/7/2021).

Stimulus tersebut diberikan dalam dua periode. Periode pertama, stimulus diberikan kepada 63 koperasi senilai Rp 1 triliun. Sedangkan periode kedua, stimulus diberikan kepada 37 koperasi senilai Rp 292 miliar.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan pemerintah telah menyusun konsep digitalisasi koperasi untuk mendorong kemudahan peningkatan kualitas koperasi.

Baca juga: Beli Tiket Lion Air Group Bisa Dapat Voucher Tes PCR Rp 450.000

Saat ini, modernisasi koperasi akan difokuskan pada pengembangan koperasi multi pihak, fokus pada sektor riil, kemudahan kemitraan, kemudahan pembiayaan dan juga terdigitalisasi.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, dalam RPJMN tahun 2020-2024 ditargetkan penumbuhan Koperasi modern sebanyak 500 unit koperasi.

Adapun berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM per Desember 2020, jumlah koperasi aktif di Indonesia sebanyak 127.124 unit dengan volume usaha sebesar Rp 174 triliun rupiah dan jumlah anggota sekitar 25 juta orang.

Airlangga mengatakan ada beberapa koperasi di Indonesia yang mampu berdaya saing dengan koperasi luar negeri, contohnya Kisel, Koperasi Warga Semen Gresik, dan Kospin Jasa.

Ia menilai perlunya pemikiran bahwa koperasi tidak hanya berskala kecil namun juga bisa berskala menengah atau besar.

“Pemikiran ini penting untuk menumbuhkan semangat dan antusiasme pengusaha Koperasi kita, terutama bagi para pemuda-pemuda Indonesia yang saat ini sedang dan akan merintis usaha Koperasi. Diharapkan Koperasi mampu berperan penting bagi perekonomian nasional,” pungkas Airlangga.

Baca juga: Akui Ada Masalah, Tanijoy Buka Suara soal Dugaan Penggelapan Dana Rp 4,5 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com