Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diprediksi Bakal Bergerak Terbatas Hari Ini

Kompas.com - 28/07/2021, 10:38 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat di pada awal perdagangan Rabu (28/7/2021). Pukul 09.01 WIB, IHSG menguat 12,31 poin atau 0,20 persen ke 6,108,36.

Namun pergerakan IHSG dinilai akan cukup terbatas pada hari ini. Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG hari ini diprediksi melemah. Secara teknikal, indikator stochastic membentuk deadcross mengindikasikan IHSG berpotensi melemah dalam jangka pendek.

"Pergerakan akan cukup terbatas, investor mencermati dampak dari PPKM. Jumlah kasus baru kembali melonjak namun angka kesembuhan juga lebih baik. Di sisi lain, tingkat kematian masih cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: Sulit Dihubungi Investor, Ini Alasan Pihak Tanijoy

Sementara itu CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG hingga saat ini terlihat masih betah pada posisi konsolidasi wajarnya.

Namun jika IHSG mampu dipertahankan di atas resisten level terdekat maka IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan pola uptrend jangka pendek.

"Selain itu mulai rilisnya beberapa kinerja emiten di semester pertama akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini, IHSG masih berpotensi terkonsolidasi," kata dia.

Sedangkan di pasar spot, posisi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) melemah tipis. Berdasarkan data Bloomberg, kurs rupiah turun 5 poin atau 0,03 persen menjadi Rp 14.497 per dollar AS. Dibandingkan posisi sebelumnya yang berada di Rp 14.492 per dollar AS.

Baca juga: Cek Kurs Rupiah Hari Ini di Lima Bank Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com