Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Audit: Definisi, Jenis, dan Tahapannya dalam Perusahaan

Kompas.com - 29/07/2021, 06:17 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Audit adalah istilah untuk suatu proses pemeriksaan. Arti audit sendiri lebih sering dikaitkan dengan pemeriksaan pada penyajian laporan keuangan perusahaan. Apa itu audit?

Dikutip dari The Economic Times, audit adalah pemeriksaan pembukuan hingga pemeriksaan fisik untuk memastikan suatu departemen dalam organisasi atau perusahaan sudah mengikuti sistem pencatatan yang terdokumentasi.

Audit juga berfungsi untuk memastikan bahwa sistem pembukuan dan tata kelola perusahaan terhindar dari kesalahan penyajian atau penipuan (fraud).

Audit adalah berfungsi untuk memastikan keakuratan loporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Orang yang melakukan audit disebut dengan auditor.

Baca juga: Apa Itu Balance Sheet atau Neraca Keuangan?

Arti audit sendiri bisa dilakukan dua pihak, yakni audit oleh internal perusahaan yang dilakukan oleh karyawan bagian pemeriksaan atau kepala departemen tertentu. Audit ini disebut dengan audit internal.

Kedua yakni audit eksternal yakni proses audit yang dilakukan oleh pihak luar yakni auditor independen. Saat ini, arti audit juga sudah meluas, tak hanya memeriksa, namun juga melakukan investigasi. Ini karena fungsi audit adalah pencegahan atas tindakan fraud.

Namun pada kenyataannya, audit juga tak hanya mencakup pemeriksaan pembukuan dan laporan keuangan, namun juga bisa mencakup audit atas operasional, audit perencanaan strategi, dan audit atas sistem IT.

Berikut tahapan dalam audit:

  • Penunjukan auditor. Jika auditor adalah eksternal, maka biasanya ditunjuk oleh pemegang saham.
  • Perencanaan audit yang mencakup rincian tenggat waktu dan departemen yang akan diaudit.
  • Proses audit yakni saat auditor melakukan pengumpulan informasi dan pemeriksaan. Temuan auditor dituangkan dalam laporan yang disusun secara sistematis.
  • Melaporkan hasil audit yang terdokumentasi dalam laporan auditor.

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com