Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lolos Seleksi Administrasi Pelamar CASN Diberikan Kesempatan Sanggah, Ini Caranya

Kompas.com - 30/07/2021, 18:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah berakhir pada 26 Juli 2021.

Selanjutnya, tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN mulai memverifikasi administrasi para pelamar yang mencapai 4,5 jutaan.

Pada 2-3 Agustus, akan diumumkan pelamar CASN yang telah lolos seleksi administrasi. Kemudian, 4-6 Agustus, tim Panselnas CASN akan memberikan waktu masa sanggah.

Baca juga: Pelamar CASN Masih Bingung Cari Prodi? Simak Caranya

 

Saat masa sanggah ini, pelamar diberikan kesempatan untuk memberikan alasan ketidakterimaan hasil seleksi administrasi.

Semisal, pelamar CASN telah mengikuti semua persyaratan yang dipersyaratkan oleh instansi yang dipilih ketika mendaftar melalui portal SSCASN, namun pihak panitia justru menyatakan si pelamar tidak memenuhi syarat (TMS).

"#SobatBKN, dalam waktu yang tidak lama lagi panitia seleksi instansi akan mengumumkan hasil seleksi administrasi #pendaftaranASN2021. Nah tentunya kalian bertanya-tanya bagaimana seandainya kalian dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi? Sedih pasti, kecewa jelas ya kan? Menghadapi itu, kalian diberi kesempatan melakukan sanggah," tulis Admin BKN melalui keterangan Instagram resminya, Jumat (30/7/2021).

Dalam masa sanggah, nantinya instansi akan memberikan tanggapan dan memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum serta khusus pelamar CASN.

Perlu diketahui, panitia seleksi instansi dapat menerima atau menolak alasan sanggahan yang diajukan oleh pelamar.

Panitia seleksi instansi dapat menerima alasan sanggahan dalam hal kesalahan bukan berasal dari pelamar. Apabila alasan sanggahan diterima, Panselnas akan mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 hari sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah.

Baca juga: BKN Pastikan Batas Waktu Pendaftaran Akun CASN 2021 hingga 21 Juli

Untuk mengajukan sanggahan tersebut, pelamar diminta mengajukan paling lama 3 hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi. Caranya, pelamar diminta masuk (log in) ke situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.

Jangan lupa, pelamar harus menjabarkan kronologi dari sanggahan tersebut kemudian mengunggah bukti dukung yang diperlukan. Dengan adanya bukti tersebut maka panitia seleksi instansi akan kembali melakukan verifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com