Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Terima Bantuan Alkes dari Swasta Buat Tangani Pandemi Covid-19

Kompas.com - 31/07/2021, 20:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menerima bantuan alat kesehatan (alkes) terkait Covid-19 dari beberapa perusahaan swasta.

Penerimaan donasi dilakukan melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Donasi itu berasal dari LX International, Hongkong CBL Limited, PT Indonesia Weda Bay Industrial Park, PT Dexin Steel Indonesia, dan TVS Motor Company yang penerimaannya dilakukan di Kamadjaja KLOG Park Cibitung, Bekasi pada Jumat (30/7/2021) kemarin.

Penasihat Menko Kemaritiman dan Investasi, Jona Widhagdo Putri yang mewakili Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasinya atas bantuan dari pihak swasta yang saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Impor Alkes Capai Rp 150 Triliun, Bahlil Ajak Investor Asing Masuk Sektor Kesehatan

"Kami dari Kemenko Marves sangat berterima kasih dan mengapresiasi ada banyak teman-teman baik dari dalam dan luar negeri yang secara inisiatif mengirimkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19 ini,” ujar Jona seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Tranportasi Kemenko Marves Ayodhia Kalake menambahkan, tingkat penularan Covid-19 yang tinggi saat ini menjadi tantangan yang luar biasa bagi Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Adapun pendistribusian donasi alkes ini dilakukan bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Tangani Corona, Perusahaan Sewa Mobil MPM Rent Donasi Alkes Rp 500 Juta

Sementara itu, CFO LX International Kim Hoon mengungkapkan, bahwa Indonesia merupakan wilayah strategis di mana bisnis utama perusahaan asal Korea Selatan ini terkonsentrasi. Perusahaan pun telah mendapat banyak dukungan dari pemerintah daerah serta pelanggan.

“Kami berharap partisipasi kecil kami kali ini dapat membantu pemerintah Indonesia dan masyarakat yang sedang bahu-membahu mengatasi krisis penyebaran kembali Covid-19,” ujar Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com