Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut BI-Fast, Anabatic Siapkan Digital Xformation Platform

Kompas.com - 03/08/2021, 16:25 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan teknologi PT Anabatic Technologies Tbk menyiapkan Digital Xformation Platform (DXP) sebagai solusi teknologi bagi perbankan dalam penerapan Bank Indonesia Fast Payment alias BI-Fast.

BI-Fast Payment merupakan sistem yang dipersiapkan mengganti metode pengiriman uang Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Dengan BI- Fast, sistem transfer akan beroperasi selama 24 jam sehingga bank bisa menjalankan kliring secara non-stop jika dibutuhkan.

Baca juga: Layanan BI Fast Payment Bakal Beroperasi 24 Jam Penuh

“Kita perkenalkan solusi dari Anabatic yakni Digital Xformation System, dimana agility dari platform itu sendiri bisa komunikasi dengan multiple system dengan Omni channel yang dimiliki oleh bank,” kata Head of Solution Anabatic Technologies Regina Anastasia dalam sesi webinar yang disiarkan secara virtual, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan, platform DXP merupakan layer tambahan atau digital payment switch yang di-deployed pada server IBM untuk menjaga stabilitas serta scalable dari platform.

DXP menjadi solusi yang bisa membantu bank melakukan transformasi tidak harus mengubah seluruh sistem yang ada, tapi hanya menambah satu layer.

DXP pun membantu bank untuk berkomunikasi melalui API, ISO 8583 sampai ISO 20022 yang dibutuhkan untuk transformasi menyongsong BI FAST dan new swift regulation.

“Misalnya, sebuah bank punya internal system terkait core banking-nya, terkait credit card sampai dengan treasury system. Ini bisa komunikasi dengan digital system-nya (eKYC, biometrics, e-wallet, Open API),” jelas Regina.

Baca juga: Bakal Gantikan Sistem Kliring Nasional, Apa Kelebihan BI Fast?

Regina menambahkan, untuk bisa cocok dengan konektor dari BI, kapabilitas platform tersebut di-provide tidak terbatas sebagai konverter saja.

“Tapi kami provide dari sisi digital payment switch-nya. Sehingga mempunyai nilai tidak terbatas pada koverter saja. Karena bagaimana bank harus bisa “in” dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2021,” kata Regina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com