Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga Beberkan Strategi Pemerintah Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali

Kompas.com - 03/08/2021, 19:40 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penurunan penyebaran kasus Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali selama beberapa hari terakhir, diiringi dengan kenaikan kasus Covid-19 di luar wilayah tersebut.

Merespons hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya perbaikan guna mengantisipasi lonjakan kasus.

Pada tingkat hulu, peningkatan testing terus didorong mencapai target minimal testing per hari yang ditetapkan instruksi Mendagri.

Baca juga: FIFGroup Telah Salurkan Bantuan Sembako Senilai Rp 23,8 Miliar Selama Pandemi Covid-19

Di beberapa daerah angka testing sudah naik mendekati target, di mana secara keseluruhan naik rata-rata 50 persen.

"Seperti di Kota Tarakan sudah 78,5 persen dari instruksi Mendagri terkait target harian, Kota Jayapura 73,1, Kota Pekanbaru 67,9, dan Makassar 62,2 persen," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Selain testing, imbuh Airlangga, peningkatan tracing terus didorong dan akan dipersiapkan metode digital tracing. Kepatuhan penggunaan masker, dan target vaksinasi daerah juga terus digencarkan.

Vaksinasi di beberapa kota besar luar Pulau Jawa presentasenya tercatat sudah di atas level nasional, yaitu di Kota Medan 33,39 persen, Makassar 39,41 persen, Banjarmasin 26,9 persen, Pekanbaru 42 persen, Kota Banjarbaru 27 persen, Jayapura 41,62 persen, dan Kepri di atas 60 persen. 

Airlangga menambahkan, untuk tingkat hilir, pemerintah juga menjaga tingkat bed occupation rate, menambah kapasitas tempat tidur dan disiapkan juga fasilitas isolasi terpusat, serta menjaga ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen medis.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Anggaran PEN Rp 305,50 Triliun untuk Penanganan Covid-19

"Oksigen ini klaster-klaster di luar Pulau Jawa mulai dari pabrikan yang ada di Medan, di Palembang, di Kalimantan Timur, di Sulawesi Selatan, kemudian di Sulawesi Tengah, kemudian di Maluku Utara, serta di Papua juga dipersiapkan," tutur Airlangga.

"Tadi dengan koordinasi Pak Menko Marinves, kita juga menyeimbangkan pasokan dari Jawa untuk keluar Jawa, ditambah lagi kebijakan kemudahan untuk impor di daerah perabatasan, seperti di Kalimantan Barat," imbuh dia.

Selain menerapkan langkah-langkah tersebut, pemerintah juga kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di 45 kota atau kabupaten luar Pulau Jawa-Bali, sampai sampai 9 Agustus 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com