Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titah Erick Thohir ke Bank Pelat Merah demi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 06/08/2021, 16:35 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambut baik realisasi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2021 yang mencapai 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Capaian ini disebut sebagai bukti nyata perekonomian Indonesia sedanga berada pada tahap pemulihan dari dampak pandemi Covid-19.

Namun demikian, Erick mengatakan, tren pemulihan tersebut berpotensi terganggu dengan munculnya varian delta ataupun varian virus corona lainnya. Pasalnya, tingginya penyebaran virus corona bakal berdampak ke penurunan aktivitas perekonomian.

Baca juga: Erick Thohir: Pertamina Punya Kapabilitas Jadi Perusahaan Besar Dunia

"Hal ini tentunya menjadi disrupsi di sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi Covid-19 berlangsung," katanya dalam sebuah webinar, Jumat (6/8/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menyebutkan, bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) memiliki peranan penting untuk mengantisipasi hal tersebut.

Guna memaksimalkan potensi perekonomian nasional, anggota Himbara pun telah diminta untuk fokus melakukan pembiayaan ke sektor yang berbeda.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kini diminta untuk tidak hanya fokus pada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), tetapi juga ke segmen usaha ultra mikro. Ini dilakukan dengan membentuk holding ultra mikro yang beranggotakan BRI, PT Permodalan Nasional Mandiri (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

"Selama ini pembiayaan UMKM tentu sudah berjalan dengan baik. Tapi ini harus kita tingkatkan, karena ini adalah backbone dari ekonomi Indonesia, dan juga salah satu kekuatan pembukaan lapangan kerja," tutur Erick.

Kemudian, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk difokuskan untuk melakukan pembiayaan ke pelaku usaha yang berorientasi ekspor. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor nasional.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris IFG

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com