Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Super Air Jet Resmi Mengudara di Rute Jakarta-Batam dan Jakarta-Medan

Kompas.com - 06/08/2021, 20:06 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Maskapai baru Super Air Jet resmi mengumumkan penerbangan perdana pada hari ini, Jumat (6/7/2021).

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari menyebut bahwa pihaknya telah memulai tonggak sejarah dengan mengibarkan jargon “Era Baru, Pengalaman Baru” pada penerbangan perdananya.

“Penerbangan perdana berjalan sesuai jadwal dan memenuhi aspek standar operasional keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara. Terpenting lagi, operasional berjalan berdasarkan ketentuan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (6/7/2021).

Baca juga: Bersiap Terbang, Super Air Jet Gandeng DDSM Jual Voucher Tes Covid-19

Dengan peresmian penerbangan perdana Super Air Jet ini, maka maskapai tersebut sudah beroperasi secara komersil.

“Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara,” karanya.

Super Air Jet melayani dua rute yakni dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, di Tangerang (CGK) untuk tujuan:

  1. Medan (KNO) melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara
  2. Batam (BTH) melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Kepulauan Riau

Baca juga: Bersiap Terbang Perdana, Maskapai Baru Super Air Jet Akan Buka 6 Rute

“SUPER AIR JET beroperasi dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari, yang dilayani pergi pulang (PP), menggunakan Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi,” bebernya.

Berikut jadwal penerbangan Super Air Jet setiap harinya:

  • IU 890 CGK-KNO 06.30-08.50
  • IU 891 KNO-CGK 09.30-11.50
  • IU 854 CGK-BTH 12.50-14.30
  • IU 855 BTH-CGK 15.10-16.55

Dia menjelaskan bahwa Super Air Jet berpandangan luas sejalan menjawab tantangan kalangan pebisnis dan wisatawan di era saat ini mengenai kebutuhan penerbangan terutama wilayah Sumatera bagian utara. Hal ini berkaitan dengan dua rute Super Air Jet yang saat ini dilayani.

“Medan dan Batam sebagai kota tujuan paling banyak diminati oleh para milenial. Rute ini mempunyai karakter peluang pasar penerbangan domestik yang besar dan masih ada serta Karena jaringan dan daerah tersebut sudah dikenal dan disukai orang banyak,” ungkap Ari.

Baca juga: Simak 10 Rute Super Air Jet, Tarifnya Mulai dari Rp 252.000

Menurutnya, keunikan paling dominan dari Medan dan Batam dimata milenial, ialah sebagai kota petualangan yang menawarkan berbagai objek wisata unggulan seperti kuliner, religi, sejarah, budaya, bahari dan lainnya serta didukung kekhasan dari kearifan lokal.

Selain itu, dua destinasi tersebut juga disebut sebagai kota bisnis. Menurunya, semakin berkembang ide-ide kreatif anak muda yang dikembangkan menjadi sentra bisnis, wirausaha baru, pengusaha kecil dan menengah, industri modern, industri tradisional, industri kerajinan dan lainnya.

“Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep berbiaya rendah (low cost carrier) dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional,” tandasnya.

Baca juga: Super Air Jet dan Lion Air Berbagi Lokasi Tes Antigen untuk Penumpang?

Dengan peresmian ini, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, meliputi regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, lembaga lainnya yang terkait atas kerjasama, koordinasi selama ini.

“Selanjutnya, sinergitas dapat terjalin dengan baik, sehingga penerbangan perdana mendatang tetap berjalan lancer,” urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com