Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Latihan Soal Ujian CPNS? Daftar Simulasi CAT BKN 2021 Gratis

Kompas.com - 08/08/2021, 13:29 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah membuka portal resmi untuk latihan soal CPNS 2021 melalui metode Computer Assisted Test (CAT).

Portal simulasi CAT CPNS 2021 online gratis tersebut adalah website Simulasi CAT BKN 2021 yang dapat diakses melalui laman cat.bkn.go.id/simulasi.

Laman Simulasi CAT BKN merupakan satu-satunya website resmi yang diluncurkan BKN untuk simulasi CAT CPNS 2021 gratis.

Baca juga: Kisi-kisi SKD CPNS 2021: Materi Soal Ujian TWK, TKP, dan TIU

Dalam akun media sosialnya, BKN pernah menjelaskan bahwa banyak beredar di masyarakat buku latihan soal CPNS 2021 dengan mencantumkan logo lama CAT-BKN.

BKN menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah bekerja sama maupun secara mandiri menerbitkan buku kisi-kisi materi ujian CPNS dan sejenisnya.

Artinya, sarana latihan mengerjakan materi soal ujian CPNS secara resmi yang diluncurkan BKN hanya melalui website Simulasi CAT BKN 2021.

Untuk ikut simulasi CAT CPNS 2021 online gratis, para pelamar bisa mengikuti simulasi ujian via kanal Simulasi CAT BKN 2021 melalui link cat.bkn.go.id/simulasi.

Sebelum memulai simulasi CAT CPNS 2021 gratis, pelamar harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa login ke akun Simulasi CAT BKN 2021.

Terdapat sejumlah kolom yang harus diisi saat melakukan pendaftaran, selengkapnya sebagai berikut:

  • Nama Lengkap
  • Email
  • Password
  • Konfirmasi Password
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Verifikasi Kode Captcha

Baca juga: Seputar SKD CPNS 2021: Jadwal, Passing Grade, dan Aturan Kelulusan

Jika sudah memiliki akun, selanjutnya pelamar tinggal login di portal Simulasi CAT BKN 2021 menggunakan email dan password terdaftar.

Materi soal ujian CPNS 2021

Bagi yang berniat mengikuti pendaftaran CPNS 2021, penting untuk memahami materi ujian SKD agar tak melewatkan peluang lulus seleksi CPNS 2021.

Ketentuan mengenai SKD atau seleksi kompetensi dasar dan SKB atau seleksi kompetensi bidang sudah diatur melalui PermenPANRB No. 27/2021 tentang Pengadaan PNS.

Khusus untuk SKD, dijelaskan dalam Pasal 35 ayat (1), akan berlangsung menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN.

“SKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi dasar PNS,” demikian bunyi Pasal 35 ayat (2) aturan tersebut.

Selanjutnya, pada Pasal 34 ayat (3) disebutkan bahwa SKD CPNS 2021 meliputi:

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com