Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kredivo Berencana Go Public, Telkom: Ini Buah Manis Komitmen Investasi Kami

Kompas.com - 09/08/2021, 16:21 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Direktur Strategic Portfolio PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Budi Setyawan Wijaya mengapresiasi rencana salah satu startup portofolio anak usahanya PT Metra Digital Investama (MDI Ventures), Kredivo untuk menjadi perusahaan publik atau go public.

Kredivo merupakan platform pembayaran keuangan digital berbasis kredit di bawah naungan MDI Ventures.

“Ini merupakan buah manis dari strategi dan komitmen investasi Telkom (kami) di bisnis digital yang dijalankan melalui MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). (Ini) sudah on the track,” ujar Budi, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Tidak hanya potensi capital gain, kata dia, Telkom berharap, investasi MDI Ventures dapat menghasilkan synergy value dengan startup portofolio lainnya.

Baca juga: Huawei Investasikan Rp 1,43 Triliun untuk Ekosistem Startup Asia Pasifik

Hal tersebut guna mendukung pengembangan bisnis digital Telkom, khususnya pada domain platform dan services.

Salah satu synergy value yang sudah terimplementasi antara TelkomGroup dan Kredivo adalah pemanfaatan big data Telkomsel dalam melakukan skoring kredit.

Untuk diketahui, MDI Ventures telah melakukan pendanaan di Kredivo sejak 2018, dilanjutkan dengan pendanaan kedua pada 2019 bersama TMI.

Adapun nilai investasi saat itu, sekitar 8 persen dari total pendanaan putaran pertama yang dilakukan MDI Ventures.

Baca juga: Telkom Lewat MDI Ventures Suntik Modal ke Startup Cermati

Dengan nilai ekuitas Kredivo, maka setelah menjadi perusahaan publik nantinya, nilai investasi MDI Ventures di Kredivo diprediksi akan menghasilkan capital gain yang signifikan.

Untuk membuktikan prediksi tersebut, Kredivo akan mengawalinya dengan langkah merger bersama anak perusahaan Victory Park Capital (VPC), perusahaan global investment yang berkantor pusat di Chicago.

Apabila berjalan baik, maka diperkirakan nilai ekuitas platform itu akan mencapai 2,5 miliar Dollar AS. Dengan demikian, Kredivo akan memasuki era baru sebagai unicorn.

“Semoga langkah sukses Kredivo dapat diikuti oleh startup lokal asal Indonesia yang lahir sebagai unicorn baru. Begitu pula, TelkomGroup melalui MDI akan terus berupaya untuk mendukung terwujudnya hal tersebut,” ujar Budi.

Baca juga: Melalui Startup Nium, TelkomGroup Harap Keamanan Transaksi Keuangan Perusahaan Indonesia Terjamin

Tak hanya itu, ia berharap, dalam waktu dekat Kredivo dapat menyusul startup portofolio MDI yang telah melakukan initial public offering (IPO) di bursa dalam dan luar negeri

Dengan kehadiran Kredivo sebagai unicorn, maka dalam waktu dekat juga akan menambah daftar keberhasilan MDI Ventures dalam berinvestasi.

Sebelumnya, startup portofolio MDI, Nium juga telah menjadi unicorn pembayaran business to business (B2B) pertama dari Asia Tenggara dengan valuasi di atas 1 miliar Dollar AS.

Baca juga: Kemenkominfo Luncurkan Program Hub.id guna Tingkatkan Potensi Startup di Indonesia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com