Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kunjungi BBPLK Semarang, Sekjen Kemenaker Sampaikan 2 Pesan Ini

Kompas.com - 10/08/2021, 18:35 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi menyampaikan dua pesan kepada pegawai di lingkungan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Pertama, kata dia, Kepala BBPLK Semarang Heru Wibowo diminta untuk mengendalikan jajarannya agar tetap meningkatkan kreativitas meski bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Terlebih, dengan segala keterbatasan di tengah situasi sulit saat masa pandemi Covid-19.

"WFH itu bukan libur ya, Pak Heru, para koordinator, subkoordinator, selaku pimpinan memiliki kewajiban untuk mengkoordinir para pejabat fungsional yang sudah diklasterkan dalam rumpun-rumpun sesuai dengan keahliannya,” ujar Anwar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4, Pekerja Sektor Non-esensial WFH 100 Persen, Kritikal Boleh WFO 100 Persen

Lewat kreativitas selama WFH, lanjut dia, Kemenaker berharap BBPLK dapat terus melakukan perbaikan dan meraih kemenangan dalam kompetisi di masa depan.

Pernyataan tersebut Anwar sampaikan saat mengunjungi BBPLK Semarang dalam rangka menerapkan reformasi dan reformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Selasa.

Terkait pesan kedua, ia meminta BLK harus membuka diri dengan melakukan kolaborasi jejaring kerja yang memiliki core (dasar) sama.

Misalnya, sebut Anwar, kolaborasi dengan kalangan perguruan tinggi maupun asosiasi desainer.

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Pemerintah Disarankan Perkuat Kolaborasi dengan Pemuka Agama

“Selain berpikir out of the box dan inovatif, BLK dapat memperoleh ide jika dibarengi kolaborasi dengan pihak lain. Sebab, sumber ide itu berasal dari luar," katanya.

Oleh karena itu, Anwar menyatakan, langkahnya mendatangi BBPLK Semarang sebagai upaya mendukung fokus kerja pemerintahan.

Adapun tujuannya guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) atau aparatur sipil negara (ASN) ketenagakerjaan yang kompeten dan profesional.

Terlebih, bagi SDM atau ASN yang berkeinginan untuk menjadikan BBPLK Semarang sebagai salah satu institusi pendorong dan pemberi kontribusi dalam meningkatkan reformasi birokrasi.

Baca juga: Wapres Minta Reformasi Birokrasi Tak Sekadar Penuhi Syarat Prosedural

"Salah satunya, kami ingin BBPLK Semarang menjadi satu andalan Kemenaker sebagai wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani," imbuh Anwar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BBPLK Semarang Heru Wibowo menyatakan bahwa seluruh jajarannya menyambut positif motivasi dari Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi.

Utamanya, dukungan untuk meningkatkan performa BBPLK Semarang dan Kemenaker dalam rangka reformasi birokrasi dan BLK.

Baca juga: Sesuai Reformasi Birokrasi, Kemendesa PDTT Berkomitmen Bentuk ASN Kompeten

"Untuk reformasi birokrasi, kami mendukung dan akan menciptakan itu semua di BBPLK Semarang, sesuai arahan beliau," ujar Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com