Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Bantuan dari China, Luhut: Kita Harus Jalin Kebersamaan

Kompas.com - 11/08/2021, 11:53 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mendapatkan donasi bantuan medis untuk penanganan Covid-19 dari Pemerintah China pada pada Selasa (10/8/2021).

Prosesi penerimaan donasi dari China tersebut diwakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin di Kantor Kemenko Marves.

Di lain pihak, Pemerintah China diwakili oleh Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian serta perwakilan dari perusahaan Huawei.

Baca juga: Luhut: Kita Akan Hidup dengan Masker untuk Bertahun-tahun ke Depan...

“Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Pemerintah RRT, Huawei, dan China Eastern Airlines, atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia dan masyarakatnya,” ungkap Luhut dalam keterangan resminya, Rabu (11/8/2021).

Indonesia menerima donasi China dalam bentuk alat kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask.

Beragam peralatan medis tersebut menjadi alat krusial dalam melawan Covid-19 varian Delta yang kian menular di Indonesia saat ini.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang sampai Tanggal Berapa Lagi? Ini Kata Luhut

Selain itu, bekerja sama dengan Pemerintah China, Indonesia juga sedang mendorong masyarakat untuk dapat mengikuti vaksinasi.

Luhut juga menyampaikan bahwa Indonesia akan mendukung investasi dari China ke depannya dalam bidang kesehatan, seperti vaksin, pembuatan alat kesehatan serta pembangunan rumah sakit internasional.

“Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan,” tegas Luhut.

Baca juga: Pantau Malang Raya dan Bali, Luhut: Saya Sendiri Nanti Akan Kunjungi 2 Daerah Ini...

Menkes Budi G. Sadikin dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi atas bantuan alat medis dari China untuk Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com