Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenaker Sebut Dana BSU Sudah Mulai Cair Pekan Ini

Kompas.com - 13/08/2021, 12:14 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi mengungkapkan, dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2021 sudah mulai tersalurkan bertahap sejak Kamis (12/8/2021).

“Dana diterima oleh penerima di rekening masing-masing, mestinya dana sudah mulai diterima oleh penerima BSU. Karena Rabu kan libur, sehingga Kamis mestinya bank sudah mulai mentransfer ke rekening penerima,” kata Anwar kepada Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Ini Beda BSU Tahun 2020 dan 2021 serta Syarat Mendapatkannya

Anwar menjelaskan, anggaran BSU dari pemerintah sudah cair melalui Kementerian Keuangan pada Selasa (10/8/2021).

Setelah anggaran tersebut cair, Kemenaker langsung memberikan instruksi kepada bank untuk menyalurkan dana BSU ke rekening penerima.

“Setelah pada hari Selasa yang lalu Kemenkeu mencairkan anggaran, kemudian kami menyampaikan surat instruksi pemindahbukuan dana BSU ke rekening penerima kepada bank penyalur, yakni bank Himbara,” jelas dia.

Mekanisme penyaluran BSU tahun ini akan disalurkan melalui rekening bank Himbara (BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN). Adapun untuk penyaluran BSU di Aceh melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dia menjelaskan, bank penyalur selanjutnya melakukan pemindahbukuan dana ke rekening penyalur.

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU Rp 1 Juta via WA BPJS Ketenagakerjaan

Ketika ditanya apakah jumlah penerima BSU saat ini sudah mencapai 900.000-an pekerja, Anwar menjelaskan, masih menunggu data dari bank penyalur.

“Ini agak memakan waktu sebab dilakukan langsung bersamaan ke semua rekening penerima dengan menggunakan sistem di bank. Saat ini kami sedang menunggu data balikan dari Bank,” tambah dia.

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga, BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja saat dikonfirmasi mengatakan, bagi pekerja yang ingin mengetahui apakah termasuk dalam daftar calon penerima BSU tahun ini, bisa langsung ke laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

“Bagi peserta yang butuh informasi tentang BSU bisa akses langsung ke alamat ini bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com