Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jazak Yus Afriansyah
Trainer

Author, Coach, Trainer.
Master of Technology Management.

2 Strategi Penambah Energi Hoki

Kompas.com - 15/08/2021, 14:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Pandemi Covid 19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun, bisa jadi Blue Ocean Strategy menjadi tidak relevan lagi membawa perusahaan tumbuh berkembang menjawab tantangan.

Maka, inilah saatnya perusahaan bergerak maju menuju Green Ocean Strategy atau Strategi Samudera Hijau.

Green Ocean Strategy terdiri dari 8 strategi yang dikembangkan secara khusus untuk membantu korporasi mampu bertumbuh dan berkembang, khususnya pada kondisi yang penuh dengan disrupsi seperti saat ini.

Baca juga: Strategi Bertahan Garuda Indonesia, Garap Kargo dan Masuk Bisnis Fesyen

Dengan 8 strategi yang terdapat artikel ini, Anda dan perusahaan akan mampu bertumbuh dan berkembang dengan pesat.

Kita lanjutkan kajian kita kepada Strategi yang ketiga yaitu, Strategi 2 K, pada hakikatnya strategi ketiga ini kami rancang untuk menambah energi agar Anda dan perusahaan semakin hoki atau beruntung.

Untuk melaksanakan strategi ketiga ini kita memerlukan 2 tahap mudah dan sangat sederhana. Dua tahap ini supaya lebih nyaman untuk dipahami kita singkat dengan istilah 2K, mari segera kita kupas.

K yang pertama adalah kesiapan atau readiness. Tahap pertama ini sangat penting untuk memastikan apakah Anda dan perusahaan yang Anda pimpin, layak mendapatkan keberuntungan atau tidak.

Dengan kata lain K pertama ini adalah syarat mutlak yang wajib dimiliki tanpa ada negosiasi sedikitpun.

Lantas apa yang dimaksud dengan kesiapan dan apa yang perlu disiapkan?

Kesiapan di sini adalah beberapa hal yang wajib Anda miliki sebagai individu dan atau sebagai perusahaan. Beberapa kesiapan itu terdiri dari; Pengetahuan (knowledge), Kemampuan (skill), Sikap (attitude), Perilaku (behavior).

Jika beberapa kesiapan tersebut ternyata sudah kita miliki, maka langkah berikutnya adalah meningkatkan semua aspek tersebut.

Pastikan peningkatan tersebut di atas rata-rata yang mampu dicapai oleh orang pada umumnya, atau oleh perusahaan lainnya. Karena, dengan kita memiliki kesiapan di atas rata-rata ini, kita memiliki daya saing yang signifikan.

Kemudian K yang kedua adalah Kesempatan atau opportunity. Tahap kedua ini diperlukan untuk memastikan kesiapan yang kita upayakan berubah menjadi keberuntungan atau hasil yang Anda harapkan.

Baca juga: Digitalisasi Jadi Strategi Koperasi Tetap Eksis di Era Modern

Karena keburuntungan atau rezeki dengan berbagai definisinya adalah bertemunya Kesempatan dengan Kesiapan.

Dengan Strategi K2 ini kita mengikhtiarkan untuk menjodohkan antara Kesiapan dengan Kesempatan sehingga bisa berubah menjadi keberuntungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com