Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kemandirian Industri Obat, Vaksin, dan Alat Kesehatan Masih Jadi Kelemahan Indonesia

Kompas.com - 16/08/2021, 09:42 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 saat ini dapat terlihat bahwa kemandirian industri obat-obatan, vaksin, dan alat kesehatan (alkes) masih menjadi kelemahan Indonesia.

Sebagai informasi, sebagian besar obat-obatan, vaksin, dan alkes di Indonesia masih dipasok dari barang-barang impor. Menurutnya, persoalan ini perlu untuk segara ditangani.

"Kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus kita pecahkan," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Banyak Alkes Impor, Ketua MPR: Saya Miris dengan Kenyataan Sekarang...

Kendati demikian, Jokowi mengakui, di sisi lain pandemi juga membuat pengembangan industri farmasi dalam negeri menjadi lebih cepat, termasuk dalam pengembangan vaksin Merah Putih, dan oksigen untuk kesehatan.

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga obat-obatan di masa pandemi. Jokowi memastikan tidak ada toleransi sedikit pun bagi oknum-oknum yang memanfaatkan kondisi pandemi untuk keuntungan pribadi.

"Ketersediaan dan keterjangkauan harga obat akan terus kita jamin, dan tidak ada toleransi sedikit pun terhadap siapa pun yang mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan ini," kata dia.

Tak hanya penyediaan obat-obatan dan alkes, pemerintah juga bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional.

Namun, pada saat yang sama, Indonesia juga terus memperjuangkan kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua bangsa. Sebab, perang melawan Covid-19 tidak akan berhasil jika ketidakadilan akses terhadap vaksin masih terjadi.

"Melalui diplomasi vaksin ini, kita telah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia berperan aktif untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," jelas Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Krisis, Resesi, dan Pandemi Itu Seperti Api...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com