Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Karya Kantongi Rp 13,8 Triliun dari Garapan Proyek LRT Jabodebek

Kompas.com - 18/08/2021, 14:46 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) telah mengantongi dana sebesar Rp 13,8 triliun dari pengerjaan proyek LRT Jabodebek Fase I.

Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk Farid Budiyanto menjelaskan bahwa total penerimaan dari proyek LRT Jabodebek tersebut sudah termasuk realisasi pembayaran kedelapan belum lama ini.

“ADHI telah menerima realisasi pembayaran kedelapan untuk pekerjaan proyek LRT Jabodebek Fase I senilai Rp 520,5 miliar (termasuk PPN) dari Pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (Persero),” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Erick Thohir Optimistis Proyek LRT Jabodebek dan KCIC Rampung Akhir 2021

Pembayaran tersebut dilakukan berdasarkan progres pekerjaan dari bulan Juli sampai dengan September 2020. Artinya, ADHI belum menerima pembayaran untuk progres pekerjaan LRT Jabodebek setelah periode tersebut.

“Secara keseluruhan ADHI telah menerima pembayaran atas pembangunan prasarana LRT Jabodebek senilai Rp13,8 triliun (termasuk PPN),” jelas Farid.

Menurutnya, pembayaran ini akan meningkatkan likuiditas dan memperkuat arus kas operasi ADHI yang juga mendukung penyelesaian pembangunan LRT Jabodebek Fase I.

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Beroperasi 2022, Apa Kabar Progres Pembangunannya?

“Ke depannya ADHI akan terus melakukan upaya percepatan pembayaran khususnya dari proyek-proyek besar untuk tetap menjaga postur keuangan ADHI semakin baik dan kuat,” ungkapnya.

Progres proyek LRT Jabodebek

Sampai dengan awal Agustus 2021, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 86,57 persen.

Dari pengerjaan tersebut, saat ini U-Shaped Girder sudah terpasang 100 persen. Adapun pada masing-masing lintas layanan yang telah rampung progresnya berbeda-beda.

Baca juga: Termasuk KA di Bali, Ini Daftar Proyek Strategis Nasional Kereta Api

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com