Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Sekjen Kemenaker Minta Mahasiswa Baru Polteknaker Asah Keterampilan Akademik dan Nonakademik

Kompas.com - 18/08/2021, 15:19 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi meminta mahasiswa baru Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) agar tetap semangat dalam menyambut kegiatan akademik meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Anwar berpesan, mahasiswa baru bisa memanfaatkan perkuliahan di kampus ini sebagai kawah candradimuka guna meningkatkan kompetensi sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

"Manfaatkanlah kesempatan yang baik ini dengan menempuh pendidikan yang serius di Polteknaker," ucapnya saat membuka Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Polteknaker Tahun 2021 secara daring, Rabu (18/8/2021).

Dia juga meminta mahasiswa untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilan, baik melalui kegiatan akademik maupun nonakademik, seperti organisasi kemahasiswaan, praktik lapangan, seminar, kuliah umum, dan kegiatan lain yang dapat menunjang kedewasaan dan kemandirian mahasiswa.

Baca juga: Respons Aduan Masyarakat, Kemenaker Sidak Tempat Karantina Pekerja Migran di Batam

"Peningkatan kompetensi tidak hanya mengikuti perkuliahan, namun juga dapat melalui kegiatan kegiatan-kegiatan nonakademik," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Anwar berharap, mahasiswa dapat menyesuaikan diri melalui PKKMB untuk dapat melewati proses transisi menjadi seorang mahasiswa dan menyesuaikan diri agar mampu mengikuti kegiatan akademik dan nonakademik di kampus ini.

Adapun, PKKMB Polteknaker tahun ini berlangsung mulai Rabu-Sabtu, 18-21 Agustus 2021 secara daring dan diikuti 90 mahasiswa baru dari tiga program studi (prodi).

Tiga prodi tersebut, yaitu D-IV Relasi Industri dengan gelar Sarjana Terapan Relasi Industri (S.Tr.M), D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan gelar Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S.Tr.K3), dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia dengan gelar Sarjana Terapan Manajemen Sumber Daya Manusia (A.Md.,MSDM).

Baca juga: Atasi Kesenjangan Pendidikan dengan Dunia Kerja, Polteknaker Diminta Lakukan “Link and Match”

Untuk diketahui, Polteknaker merupakan perguruan tinggi negeri vokasi di bawah Kemenaker yang didirikan guna menyiapkan angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing dalam memasuki pasar kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com