Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Lantik Tedi Bharata sebagai Deputi di Kementerian BUMN

Kompas.com - 18/08/2021, 17:09 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir resmi melantik Tedi Bharata sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN.

Tedi mendapat kepercayaan jabatan Pimpinan Tinggi Madya (setingkat Eselon I) ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik (Keppres) Indonesia Nomor 112/TPA Tahun 2021 tanggal 5 Agustus 2021.

Keppres tersebut tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Baca juga: Erick Thohir: BUMN - Jatim Park Group Sinergi Bangun Krakatau Park di Lampung

Tedi Bharata menggantikan Deputi sebelumnya, Alex Denni, yang kini menjabat sebagai Deputi SDM Aparatur di Kementerian PANRB.

Dalam sambutannya, Erick Thohir menyampaikan bahwa pengangkatan Tedi merupakan suatu bentuk dari transformasi Human Capital di Kementerian BUMN.

“Transformasi yang kita lakukan di BUMN tidak mungkin terjadi kalau tidak ada transformasi di human capitalnya,” kata Erick dalam keterangan resmi, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, hal ini juga berlaku tidak hanya di Kementerian BUMN, tetapi juga di perusahaan-perusahaan BUMN karena transformasi human capital sangatlah diperlukan. Erick juga mengingatkan masih banyak tugas dan transformasi yang harus dilakukan.

Baca juga: Erick Thohir: Pabrik Petrokimia Gresik Bisa Produksi 23 Ton Liquid Oksigen/Hari

Dengan adanya pelantikan hari ini, Erick Thohir berharap Deputi SDM, Teknologi, dan Informasi Tedi Bharata bisa meneruskan apa yang dijalankan Deputi sebelumnya, Alex Denni.

“Dan ini sebuah kehormatan juga bagaimana Wamen kita ada yang menjadi Menteri, Deputi Human Capital diangkat ke jabatan yang lebih tinggi di Kementerian PANRB. Ini membuktikan hasil kerja keras kita bersama dilihat oleh banyak Kementerian,” lanjutnya.

Pelantikan ini dihadiri Menteri Perdagangan, Wakil Menteri BUMN I dan II, Sekretaris Kementerian BUMN, dan jajaran pejabat Eselon I Kementerian BUMN, serta dihadiri secara virtual oleh para pejabat Eselon II Kementerian BUMN dan Direksi BUMN.

Baca juga: Ini Alasan Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris dan Direksi Garuda Indonesia

Mengenal sosok Tedi Bharata

Sebagai Deputi baru, sebenarnya Tedi Bharata bukanlah orang baru di Lembaga pemerintahan. Di usia 38 tahun, Tedi Bharata telah berkarir di beberapa instansi baik di pemerintahan, BUMN, maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pemilik gelar S1 dari Universitas Pelita Harapan dan S2 dari Columbia University ini juga memiliki latar belakang pendidikan IT serta passion yang kuat untuk membangun transformasi BUMN dan membentuk SDM unggul berdaya saing global.

Tedi Bharata dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan beberapa program kerjanya, antara lain merumuskan kebijakan new normal dengan semangat pandemi akan berakhir.

“Kami harapkan nantinya karyawan BUMN akan kembali beraktifitas dengan nyaman dan aman,” katanya.

Baca juga: Pangkas Komisaris, Erick Thohir: Ini Momen Garuda Indonesia Bersih-bersih

Tedi juga akan berupaya meningkatkan kapasitas Board of Director (BoD) dan Board of Commissioners (BoC) BUMN, memberi perhatian kepada isu-isu kesetaraan gender di BUMN, kesempatan beasiswa, program magang (internship) serta Corporate Social Responsibility (SCR) BUMN yang selaras dengan SDGs.

Tedi Bharata juga menekankan pentingnya kerja sama dan dialog sehingga program transformasi yang digulirkan Kementerian BUMN dapat dijalankan dan bermanfaat optimal bagi BUMN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com