Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Tegaskan Positif Covid-19 Bukanlah Aib

Kompas.com - 23/08/2021, 23:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, bahwa terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah aib dan tak perlu ditutupi. Melainkan harus diungkapkan untuk segera mendapatkan pengobatan.

"Izinkan saya menyampaikan bahwa positif Covid-19 bukanlah aib yang harus ditutupi, mari cegah sedari dini. Supaya kita tentunya bisa saling menjaga dan terhindar dari pandemi ini," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengatakan, pencegahan penularan lebih luas dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-9, perlu dilakukan sedini mungkin.

Baca juga: Erick Thohir Bareng Budi Karya Tinjau Layanan Isolasi di Kapal Pelni

 

Oleh sebab itu, masyarakat yang positif Covid-19 diminta untuk melakukan isolasi terpusat ketimbang isolasi mandiri.

Ia menjelaskan, sejumlah wilayah saat ini masih mencatatkan kasus kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah meminta jajarannya secara khusus untuk segera dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan.

Hasilnya diketahui, bahwa salah satu penyebab tingginya angka kematian adalah masih enggannya masyarakat untuk melakukan isolasi terpusat, sehingga terjadi perburukan ketika melakukan isolasi mandiri yang menyebabkan telatnya mereka dibawa ke fasilitas kesehatan.

"Untuk itu, lagi-lagi pemerintah terus menghimbau dan mengajak masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 agar dapat segera masuk ke dalam pusat-pusat isolasi yang telah disediakan jaminan obat-obatan, tenaga kesehatan, dan makanan," kata Luhut.

Luhut menambahkan, pandemi Covid-19 telah membentuk semua pihak untuk memiliki kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi.

Baca juga: Anak dan Menantu Pernah Kena Covid-19, Luhut Ajak Warga Jalani Isolasi Terpusat

Menurutnya, pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Ia pun meminta, untuk semua pihak mendukung pula dengan doa agar pandemi Covid-19 bisa segera teratasi.

"Dengan kerendahan hati ini. Saya mengajak agar kita semua terus memanjatkan doa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan dan meridai seluruh langkah kita untuk terus berjuang keluar dari pandemi Covid-19 ini," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com