Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bidang-Bidang Akuntansi Beserta Penjelasannya

Kompas.com - 25/08/2021, 20:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ilmu akuntansi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Atas dasar itu mulai bermunculan bidang-bidang akuntasi berdasarkan fungsinya.

Mengutip buku Ekonomi 2 Kelas XI SMA dan MA karya Chumidatus Sa'dyah, bidang-bidang akuntasi terdiri dari sembilan bidang.

Bidang-bidang khusus dalam akuntansi itu adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya

  • Akuntansi Keuangan

Pengertian akuntansi Keuangan adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam proses pencatatan transaksi hingga penyajian dalam bentuk laporan keuangan.

Dalam pencatatan berbagai transaksi keuangan perusahaan, akuntansi keuangan harus berpatokan kepada ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

  • Akuntansi Biaya

Bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Misalnya yang berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan pengendalian biaya produksi.

Akuntansi biaya bermanfaat bagi manajemen untuk mengendalikan kegiatan perusahaan dan merencanakan kegiatan perusahaan di masa depan berdasarkan data-data biaya yang diperoleh.

  • Akuntansi Anggaran

Bidang-bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan anggaran perusahaan dan kemudian membandingkannya dengan realisasinya agar dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Akuntansi jenis ini bagian dari akuntansi manajemen.

  • Auditing/Akuntansi Pemeriksaan

Pengertian akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara bebas (independen).

Pelaksananya disebut auditor. Auditor harus bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu.

Auditor akan memeriksa apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Dalam melakukan pemeriksaan, auditor berpatokan pada standar auditing yang berlaku.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Profesi Akuntansi dan Etikanya

  • Akuntansi Manajemen

Bidang akuntansi yang melakukan pengembangan dan penafsiran data-data akuntansi, baik data masa lalu maupun data tafsiran untuk membantu manajemen dalam mengoperasikan perusahaan.

Akuntansi jenis membantu memecahkan berbagai masalah khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membutuhkan beberapa alternatif.

  • Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi yang bertugas melakukan penyiapan data yang digunakan untuk perhitungan pajak. Sehingga pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah.

Agar dapat bekerja dengan baik, seorang akuntan pajak harus memahami berbagai peraturan, baik yang berupa undang-undang maupun ketentuan lain tentang perpajakan.

  • Akuntansi Pemerintahan

Bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam penyajian laporan keuangan dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemerintah.
biasanya berkaitan dengan pembuatan anggaran negara beserta laporan realisasinya. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengendalikan pengelolaan keuangan negara.

  • Sistem Akuntansi

Pengertian sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang melakukan perencanaan prosedur pencatatan, pengikhtisaran, dan pelaporan data keuangan. Sistem ini harus menciptakan suatu sistem yang dapat mempermudah pengelolaan dan pengendalian perusahaan.

  • Akuntansi Pendidikan

Bidang-bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dalam rangka menyebarkan ilmu akuntansi.

Baca juga: Jurnal Umum Adalah: Pengertian dan Fungsinya dalam Akuntansi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com