Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitra Usaha Terus Bertambah, GoTo Financial Dorong Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 27/08/2021, 17:09 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - GoTo Financial mempercepat akselerasi digital, sebagaimana fokus layanan dari Gojek dan Tokopedia. Ini dilakukan dengan melalui ekosistem GoTo Financial.

Head of Merchant Platform Business GoTo Financial Novi Tandjung menjelaskan, di dalam ekosistem GoTo Financial terdapat tiga lini bisnis utama, yaitu pembayaran non-tunai, seperti GoPay dan payment gateway Midtrans, jaringan Point of Sales Moka dan Gobiz, serta dukungan administrasi operasional dengan produk Selly dan Gobiz.

Selama pandemi, transaksi mitra usaha di dalam lini bisnis GoTo Financial yang bergabung dengan Midtrans, Selly, Moka, dan GoStore terus menunjukkan tren kenaikan.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19, 7,3 Juta UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

Sepanjang 2020, jumlah mitra usaha GoTo Financial meningkat hingga tiga kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi. Ini juga diikuti dengan kenaikan transaksi dalam ekosistem GoTo Financial hingga hampir enam kali lipat.

“Salah satu target bisnis GoTo Financial adalah mendukung sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang jumlahnya di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik mencapai sekitar 65 juta,” kata Novi, dalam keterangannya, Jumat (29/8/2021).

“GoTo akan menggandeng dan mengembangkan pelaku usaha selain pengusaha kuliner dan penjual marketplace," tambahnya.

Lebih lanjut Novi menyebutkan, Grup GoTo sendiri memiliki ekosistem e-commerce, layanan on-demand, dan finansial yang menghubungkan jutaan pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant.

Selain itu, sebagai upaya untuk membantu penguatan sektor UMKM, GoTo Financial telah melakukan sejumlah inisiatif, yang terbaru mengenalkan program pengembangan kompetensi UMKM non-kuliner, Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG).

Melalui KONTAG, kami ingin semakin memperluas manfaat kehadiran GoTo Finansial dengan merangkul berbagai lini pelaku usaha yang tidak hanya terbatas pada sektor kuliner,” tambah Novi.

Baca juga: GoTo Financial Luncurkan KONTAG untuk Tingkatkan Kompetensi UMKM

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, saat ini UMKM menghadapi sejumlah tantangan, mulai dari penurunan daya beli masyarakat, hambatan distribusi, hingga hambatan pada produksi akibat adanya pembatasan mobilitas yang diberlakukan pemerintah.

“Kehadiran GoTo Financial memberi peluang bagi pelaku bisnis ritel terutama UMKM untuk berkembang melalui solusi digital yang ditawarkan. Solusi ini diharapkan bisa menjadi satu sistem yang bisa menyelesaikan setidaknya beberapa permasalahan yang tadi disebutkan,” tutur Oke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com