Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Kepuasan Masyarakat Tinggi terhadap Program Kartu Prakerja

Kompas.com - 27/08/2021, 21:23 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menilai Program Kartu Prakerja telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal itu dinilai membuat animo dan kepuasan masyarakat terhadap program tersebut menjadi tinggi.

“Tingginya animo masyarakat yang diikuti kepuasan masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja bahkan setelah dilaksanakan sebanyak 19 gelombang," ujarnya saat kunjungan kerja di Palu, Sulawesi Tengah, seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Dalam kunjunganya tersebut, Airlangga melakukan dialog dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja yang berasal dari berbagai kalangan di Palu. Airlangga pun mendengarkan berbagai cerita dari para alumni Program Kartu Prakerja.

Baca juga: Jangan Sampai Di-blacklist, Segera Beli Pelatihan Buat Kartu Prakerja Gelombang 18

“Program Kartu Prakerja telah memperlihatkan keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi,” kata Airlangga.

Dalam siaran persnya,  Kemenko Perekonomian menyebutkan, berdasarkan hasil riset yang melibatkan 2.000 responden, 98,7 persen penerima Kartu Prakerja merasa mendapat manfaat dari pelatihan program tersebut.

Selain itu, kata Kemenko Perekonomian, 92,6 persen penerima Program Kartu Prakerja mengatakan pelatihan di program ini dapat diaplikasikan di tempat kerja.

Pemerintah juga mengklaim Program Kartu Prakerja mampu mendorong perluasan literasi digital masyarakat dan ikut serta mengakselerasi inklusi keuangan. Hal itu karena sebanyak 27 persen peserta yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank atau e-wallet, kini sudah memiliki rekening.

Baca juga: Masih Dibuka, Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 di www.prakerja.go.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com