Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Komoditas dan Jenis-jenis Produknya

Kompas.com - 29/08/2021, 20:36 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Komoditas adalah istilah yang tentu sudah tak asing lagi, terutama apabila membicarakan terkait perdagangan. Apa yang dimaksud dengan komoditas atau pengertian komoditas?

Dikutip dari Investopedia, komoditas adalah barang yang bisa diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan atau dapat dipertukarkan dengan barang lain yang memiliki nilai yang sama.

Kualitas untuk komoditas adalah pada dasarnya seragam umum sama untuk semua produsen, meskipun seringkali ada sedikit perbedaan.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian komoditas adalah barang dagangan utama, benda niaga, hasil bumi, dan kerajinan yang dimanfaatkan untuk ekspor.

Baca juga: Apa Itu Gharim dalam Golongan yang Berhak Menerima Zakat?

Masih menurut KBBI, arti lain dari komoditas adalah bahan mentah yang dapat digolongkan menurut mutunya sesuai dengan standar perdagangan internasional, misalnya gandum, karet, kopi.

Dalam perdagangan ekspor impor, secara umum komoditas terbagi menjadi empat jenis yakni:

  1. Komoditas logam berupa produk-produk hasil mineral tambang seperti emas, perak, platinum, nikel, tembaga, seng, dan sebagainya.
  2. Komoditas pertanian adalah komoditas yang berasal dari hasil pertanian maupun perkebunan seperti beras, gandung, karet, sawit, kapas, kedelai, jagung, kopi, dan sebagainya.
  3. Komoditas peternakan meliputi semua komoditas yang mencakup ternak hidup dan produk turunannya seperti daging, susu, keju, dan sebagainya.
  4. Komoditas energi merupakan komoditas yang berfungsi sebagai sumber energi seperti minyak bumi, gas, listrik, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu UKM dan Bagaimana Klasifikasi?

Komoditas sendiri biasanya diperdagangkan dalam bursa yang kemudian disebut dengan bursa komoditas. Harganya pun berfluktuasi dan lazimnya komoditas diperjualbelikan dengan sistem kontrak berjangka.

Dalam perdagangan internasional, Indonesia memiliki sejumlah komoditas unggulan seperti sektor perkebunan dan pertanian.

Jenis komoditas ekspor perkebunan indonesia adalah karet, kopi, kakao, dan minyak sawit. Sementara komoditas ekspor indonesia dari hasil pertanian adalah beras organik.

Sebaliknya untuk impor Indonesia, banyak digunakan sebagai bahan baku industri. Komoditas impor indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk, bahan kimia, baja, hingga mesin.

Simak penjelasan terkait ekspor dalam tautan berikut ini maupun impor dalam tautan berikut ini. 

Baca juga: Mengenal Arbitrasi: Pengertian, Contoh, dan Bedanya dengan Mediasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com