Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Faisal Basri, Ini Figur yang Pas Jabat Kepala Badan Pangan

Kompas.com - 30/08/2021, 15:20 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Badan Pangan Nasional melalui Perpres Nomor 66 Tahun 2021.

Namun hingga sekarang belum dipastikan susunan lembaganya mulai dari ketua atau kepala, sekretariat utama dan lain-lainnya.

Ekonom Senior INDEF Faisal Basri mengatakan, figur yang cocok untuk menjabat ketua BPN adalah figur yang memiliki darah pangan atau yang sudah memiliki ilmu yang dalam tentang pangan.

Baca juga: Jokowi Bentuk Badan Pangan Nasional, Apa Fungsinya?

"Kalau saya tidak cocok, harus yang sudah memiliki darah pangan yang cocok untuk ketua BPN. Soalnya, kalau tidak, pasti akan memiliki waktu yang panjang untuk belajar," ujarnya dalam diskusi publik Menanti Taji Badan Pangan Nasional yang disiarkan secara virtual, Senin (30/9/2021).

Kemudian, lanjut Faisal, sosok yang cocok untuk mengemban tugas ini adalah sosok yang memiliki pengalaman praktik sebagai perumus kebijakan serta memiliki wawasan yang luas.

"Sosok itu tidak jauh-jauh dari kita yaitu Profesor Arif Satria," ungkap Faisal.

Menurutnya, Arif Satria yang saat ini menjabat sebagai Rektor IPB sudah memiliki banyak pengalaman serta ilmu di bidang pangan.

Selain itu Faisal juga mengatakan, dalam kelembagaan BPN nanti, sebaiknya harus memiliki pengalaman menjabat di Bulog. "Semisal mantan kepala pimpinan di Bulog dulu yang bagus-bagus bisa dimasukan ke dalam dewan atau lembaga itu," kata Faisal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com