Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu UMKM, Kemenaker Manfaatkan Program TKM

Kompas.com - 30/08/2021, 18:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memanfaatkan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Kebijakan PPKM level 4 yang berakibat pada pelemahan perekonomian ditandai dengan penurunan daya beli yang akan berlanjut dengan kehilangan pendapatan baik dari sektor swasta maupun UMKM," ujar Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Kemenaker Suhartono melalui keterangan tertulis, Senin (30/8/2021).

"Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemenaker untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM level 4 yang berakibat pada pelemahan perekonomian," sambungnya.

Selama penerapan PPKM, program TKM diarahkan untuk membantu para pengusaha mikro dan ultra mikro agar mampu bertahan di tengah pelemahan ekonomi dan penurunan daya beli.

Baca juga: Suntikan Modal untuk BUMN yang Telah Cair Rp 6,2 Triliun dari Alokasi Rp 52 Triliun

Kemenaker menyerahkan dukungan permodalan kepada unit-unit usaha kecil seperti seperti warung makan, ternak lele petani, kuliner kekinian, warung kopi dan sembako

Bantuan program Tenaga Kerja Mandiri tersebut merupakan bagian dari program reguler perluasan kesempatan kerja semasa pandemi Covid-19 dan melengkapi dukungan-dukungan pemerintah lain yang digulirkan di seluruh kota dan kabupaten.

Selain itu, Kemenaker juga menggulirkan dukungan-dukungan lain, sebagai wujud kesigapan pemerintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat akibat wabah. Yakni percepatan vaksinasi pekerja atau buruh di sektor esensial, program padat karya, dan pengucuran bantuan subsidi upah (BSU).

Dia berharap, bantuan ini dapat membantu pelaku usaha dan PKL menghadapi dampak PPKM terhadap pelaku usaha.

"Kemenaker tetap mendorong agar usaha mereka bertahan sehingga menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Ini Seri dan Tingkat Kupon SUN yang Akan Dilelang Besok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com