Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, Widodo Makmur Perkasa Bangun PLTS 158 MWp

Kompas.com - 31/08/2021, 12:03 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Widodo Makmur Perkasa melakukan kerja sama dengan SUN Energy dan Agra Surya Energy, dalam rangka menyediakan panel surya di berbagai fasilitas produksi perusahaan.

Infrastruktur panel surya akan diimplementasikan di beberapa fasilitas produksi Widodo Makmur Perkasa, mulai dari fasilitas farm dan feedmill milik PT Pasir Tengah, fasilitas rumah potong hewan, meat processing plant, dan cold storage milik PT Cianjur Arta Makmur, serta fasilitas feedmill, commercial farm, rumah potong hewan unggas, dan hatchery milik perusahaan.

CEO Widodo Makmur Perkasa Tumiyana mengatakan, melalui kerja sama ini, pada tahap awal WMP Grup akan mengaplikasikan infrastruktur solar panel dengan kapasitas 37,7 MWp yang akan rampung pada kuartal I-2022 dari total target penggunaan energi terbarukan sebesar 158 MWp di 2026.

Baca juga: Aturan Baru PLTS Atap: Bisa Ekspor Listrik 100 Persen hingga Percepatan Waktu Pemasangan

Langkah pemberdayaan sumber energi ramah lingkungan di wilayah kerja perusahaan dinilai akan mendorong percepatan realisasi komitmen dan visi perusahaan untuk bertransformasi menjadi bisnis hijau, holistik dan berkelanjutan, serta sebagai bukti nyata penerapan prinsip environmental, social and corporate governance (ESG).

"Tidak berhenti pada penerapan solar panel yang ramah lingkungan, langkah upaya transformasi keberlanjutan lainnya juga akan diaplikasikan oleh perusahaan yang pada akhirnya langkah ini akan menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas," tutur dia, dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Direktur Agra Surya Energy Harvey Tjokro menyebutkan, sebagai perusahaan penyedia energi hijau, pihaknya mendukung penuh transformasi perusahaan Indonesia yang tengah bertransformasi menuju ke arah model bisnis yang lebih hijau.

"Dengan Langkah yang diambil WMP ini, kami harap dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk beralih ke pemberdayaan energi terbarukan untuk kemajuan bangsa," katanya.

Direktur Utama SUN Energy Roy Wijaya menjelaskan, penggunaan panel surya merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh perusahaan untuk mendukung upaya pengurangan emisi karbon sekaligus menciptakan ekosistem perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

" Tindakan korporasi ini patut diberikan penghargaan karena turut menciptakan lingkungan yang lestari demi masa depan negeri," ucapnya.

Baca juga: Kementerian ESDM: Revisi Aturan PLTS Atap Bukan Buat Subsidi Orang Kaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com