Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumnas Mau Bangun Hunian Khusus Generasi Milenial di Jakarta

Kompas.com - 03/09/2021, 21:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perumnas akan membangun proyek hunian yang dikhususkan untuk generasi milenial. Proyek tersebut akan dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan, proyek hunian yang berkonsep rumah susun tersebut akan diberinama Alonia Kemayoran Jakarta.

"Di akhir bulan ini kami berencana akan lakukan ground breaking untuk proyek rumah susun yang dikhususkan bagi generasi milenial di kawasan Kemayoran, Jakarta yang kami namai Alonia Kemayoran Jakarta. Selain berada di jantung kota Jakarta, nantinya akan ada harga khusus bagi pembeli dari segmen milenial itu sendiri," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Perumnas Bidik Generasi Milenial Jadi Konsumen Utamanya

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya juga tengah menggodok skema kepemilikan hunian khusus bagi generasi milenial itu dengan pihak perbankan.

"Sehingga kami inginnya adalah tidak hanya pada konsep huniannya, tetapi juga pada skema KPR atau KPA-nya yang di khususkan bagi generasi milenial," kata dia.

Budi menjelaskan, saat ini Perumnas terus mengembangkan beberapa konsep hunian yang selaras dengan gaya kaum milenial. Konsep hunian tersebut dikemas dalam hunian terintegrasi transportasi yang saat ini dapat ditemui di beberapa proyeknya.

"Saat ini dapat ditemui di beberapa proyek kami seperti pada 3 konsep TOD kami di Samesta mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda dan Samesta Mahata Serpong pada tipe hunian rumah susun dan juga Samesta Parayasa di wilayah bogor dan Kota Mandiri Kuala Bekala di kota Medan untuk tipe hunian rumah tapak," ungkapnya.

Menurut dia, dinamika perkembangan pasar properti yang semakin marak dengan pendekatan rumah yang menyasar generasi milenial tidak luput dari perhatian Perumnas. Salah satu caranya dengan meyajikan desain rumah kekinian yang tidak hanya kental dengan konsep modern dan dinamis, tetapi juga menghasilkan harga rumah yang terjangkau.

Baca juga: Ini Strategi Perumnas untuk Lunasi MTN yang Jatuh Tempo

"Sadar akan perubahan pasar yang semakin cenderung didominasi oleh kaum milenial, memaksa kami Perumnas sudah seyogyanya tidak hanya berkutat pada rumah dengan harga yang terjangkau, tetapi juga harus memiliki design yang digandrungi selera generasi milineal itu sendiri," ucap Budi.

Untuk itu, Perumnas menggandeng para arsitek muda dalam ajang Idea Competition 2021. Dengan adanya ajang tersebut diharapkan akan keluar ide-ide desain yang inovatif dari kaum milenial, yang dapat memberi nilai tambah bagi produk Perumnas yang dihasilkan kedepannya.

"Dengan mengusung tema Desain Rumah Milenial, kami berharap bisa mendapatkan beragam ide inovasi desain rumah yang tidak hanya nyaman dihuni, tetapi juga menarik bagi konsumen
millenial , dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan segmen millenial dan cost effective di sisi produksi," ujarnya.

Baca juga: Bangun Perkotaan di Indonesia, Perumnas Gandeng Perusahaan Jepang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com