Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komersial Adalah Berkaitan dengan Bisnis dan Niaga, Apa Itu?

Kompas.com - 05/09/2021, 20:58 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Komersial adalah istilah yang tentu sudah tak asing lagi. Komersial adalah istilah yang seringkali mengarah pada tujuan keuntungan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komersial adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan.

Arti lain dari komersial adalah sesuatu yang dimaksudkan untuk diperdagangkan, bernilai niaga tinggi, kadang-kadang mengorbankan nilai-nilai lain (sosial, budaya, dan sebagainya).

Sementara dilansir dari Investopedia, komersial adalah sesuatu yang berkaitan dengan perdagangan dan aktivitas bisnis secara imum.

Baca juga: Apa Itu Freelance: Untung Rugi dan Bedanya dengan Full Time

Di bidang investasi, istilah komersial adalah digunakan untuk merujuk pada perdagangan komersial atau entitas yang bergerak dalam kegiatan bisnis.

Kebalikan dari aktivitas komersial adalah badan amal dan nirlaba, serta lembaga pemerintah biasanya beroperasi secara non-komersial.

Secara sederhana, komersial adalah segala bentuk aktivitas untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi.

Iklan komersial

Sementara iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau jasa kepada audiens atau masyarakat.

Pesan utama dari poster komersial dari suatu produk adalah bertujuan untuk menarik masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan tersebut.

Selain itu, tujuan iklan komersial adalah bisa juga untuk menonjolkan atau mempertahankan merek yang sudah ada, dengan harapan bisa mempertahankan konsumen saat ini hingga masa mendatang.

Baca juga: Apa Itu UKM dan Bagaimana Klasifikasi?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com