Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpindahan Polis Jiwasraya ke IFG Life Mulai Oktober 2021

Kompas.com - 06/09/2021, 07:41 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pemindahan portofolio Jiwasraya ke IFG Life diperkirakan mulai terealisasi pada Oktober 2021 setelah IFG mendapatkan suntikan dana dari pemerintah.

"Jika mengikuti program restrukturisasi Jiwasraya dan menerima syarat dan ketentuan (term condition), maka polis hasil restrukturisasi akan dipindahkan ke IFG Life dan terjadi sekitar bulan Oktober 2021," kata Direktur Utama IFG Robertus Bilitea, pekan lalu.

Rencananya, IFG memang akan mendapatkan dana segar dari pemerintah senilai Rp 20 triliun. Selain Holding BUMN Asuransi itu juga sedang mencari tambahan dana bagi IFG Life sebesar Rp 6,7 triliun. Dengan demikian total pendanaan mencapai Rp 26,7 triliun.

Baca juga: Komisi VI DPR Tetap Usulkan PMN Rp 2 Triliun untuk IFG

"Ini angka yang merefleksikan rasio solvabilitas (RBC) IFG Life nanti yang akan menerima polis-polis yang sudah direstrukturisasi oleh Jiwasraya," ucap dia.

Robertus menyebut, tahapan pemindahan polis sudah mencapai 99 persen.

Selain mengikuti restrukturisasi, dia berharap nasabah Jiwasraya juga bisa membeli produk asuransi dari IFG Life.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan, suntikan dana pemerintah akan diteruskan dari IFG ke IFG Life. Hal ini seiring dengan skema restrukturisasi, transfer polis dan bail in yang dipilih oleh pemegang saham untuk menyelamatkan polis Jiwasraya.

Melalui skema tersebut, restrukturisasi polis Jiwasraya dilakukan untuk memastikan portofolio yang ditransfer ke IFG Life dalam keadaan sehat dan menghasilkan keuntungan. Selain itu, IFG Life memiliki kapasitas untuk memastikan operasional berjalan lancar.

Hingga 31 Mei 2021, 97,6 persen atau setara 2.101 polis korporasi telah menyetujui restrukturisasi. Sementara polis ritel dan bancassurance yang menyetujui program ini masing-masing mencapai 99,8 persen dan 96,5 persen.

Setelah direstrukturisasi, IFG life sudah siap menerima transfer polis Jiwasraya. Terlebih, perusahaan asuransi jiwa ini sudah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menerbitkan polis perdana pada April 2021.

Bahkan, perusahaan telah mengajukan 25 izin produk ke otoritas, di antaranya 11 izin produk restrukturisasi dan migrasi. Kemudian 14 produk asuransi tambahan.

Baca juga: Bisakah AJB Bumiputera Diselamatkan Pakai Skema Penyelamatan Jiwasraya?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com