Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Gelar UKM Festival 2021, Dorong Terciptanya UMKM PLUT Go Digital Dan Go Global

Kompas.com - 08/09/2021, 17:36 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan UKM Festival 2021, yang menampilkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dari 7 provinsi di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan, event UKM Festival 2021 yang dilakukan secara daring ini, diharapkan bisa mendorong UMKM naik kelas, go digital hingga go global.

PLUT merupakan lembaga pendamping KUMKM, yang memberikan pendampingan dan pelayanan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing KUKMM. Sehingga dengan adanya PLUT, KUMKM bisa bertahan ditengah pandemi, lebih cepat naik kelas, Go Digital dan Go Global.

Baca juga: Menyoal Perluasan Basis Pajak: Penurunan Treshold PPN vs PPh Final UMKM

UKM Festival 2021 juga menjadi ajang promosi produk unggulan daerah, agar dapat lebih dikenal oleh daerah lain sehingga terjadi perluasan pasar dari produk unggulan tersebut.

Sebab menurut dia, saat ini, transaksi ekonomi dan keuangan digital tumbuh pesat seiring meningkatnya preferensi masyarakat untuk berbelanja daring.

"Nilai transaksi e-commerce pada kuartal I dan II 2021 meningkat 63,36 persen (year-on-year/yoy) menjadi Rp 186,75 triliun. Diproyeksikan meningkat 48,4 persen yoy mencapai Rp 395 triliun sepanjang 2021," ucap Teten dalam sambutannya pada penyelenggaraan UKM Festival 2021 secara daring, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: Dorong UMKM Bertahan di Masa Pandemi, PIP Luncurkan Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit”

Apalagi, kata Teten, Presiden Jokowi telah mengamanatkan pendekatan pembangunan ekonomi nasional ke depan akan berbasis usaha mikro, kecil dan menengah.

"Karena itu target UMKM naik kelas, akan menjadi pondasi untuk memperkuat ekonomi masyarakat dengan mempermudah akses pembiayaan, mendorong UKM ke pasar yang lebih luas dan sekaligus masuk ke dalam pasar global," kata Menteri Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com