Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Rekening, Bank Mandiri Salurkan BSU ke 2,5 Juta Pekerja

Kompas.com - 10/09/2021, 19:02 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkomitmen untuk menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja atau buruh dengan tepat sasaran dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, untuk merealisasikan hal tersebut perseroan akan mengoptimalkan seluruh jaringan cabang bank di wilayah yang terdekat dengan lokasi kerja penerima, sesuai dengan penugasan yang diberikan.

Pada tahun ini, Bank Mandiri akan menyalurkan BSU kepada sekitar 2,5 juta pekerja atau buruh di seluruh Indonesia, termasuk sekitar 29.000 pekerja di Provinsi Aceh yang akan menerima BSU melalui perusahaan anak, yaitu PT Bank Syariah Indonesia.

Baca juga: Subsidi Gaji Tahap 4 Cair, Begini Cek Status Penerima BSU

"Berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan, kami lalu melakukan pencetakan buku tabungan dan melakukan mapping atas lokasi perusahaan para penerima BSU untuk menentukan cabang penyaluran terdekat," kata Rohan dalam keterangannya, Jumat (10/9/2021).

"Sosialisasi internal mengenai proses penyaluran ini telah kami lakukan, termasuk penyiapan counter khusus agar pencairan dana BSU sesuai jadwal," tambahnya.

Lebih lanjut Rohan melaporkan, hingga 9 September 2021, Bank Mandiri telah merealisasikan penyaluran BSU kepada 1.29 juta pekerja dengan nilai sebesar Rp 1,29 triliun, baik bagi pekerja yang telah memiliki rekening maupun yang dibukakan rekening baru di Bank Mandiri.

"Saat ini kami juga tengah memproses pembukaan rekening bagi 334.000 pekerja lainnya. Atas rekening baru tersebut, Kemenaker akan memverifikasi ulang dan selanjutnya memberikan instruksi penyaluran BSU kepada rekening yang lolos verifikasi,” kata Rohan.

Dia menambahkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti setiap data tambahan penerima BSU dari Kemenaker agar penyaluran BSU dapat selesai sesuai target yang ditetapkan.

"Untuk itu, kami akan terus berkoordinasi secara intens dengan Kemenaker untuk memastikan bahwa penerima memang tidak memiliki rekening di bank Himbara lainnya dan tidak menerima bantuan program lainnya," ujar dia.

Baca juga: 465.340 Pekerja Gagal Dapat Subsidi Gaji, Lakukan Langkah Ini untuk Cek Status

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com