Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen APD Ini Lakukan Ekspor Perdana ke Australia

Kompas.com - 10/09/2021, 19:43 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen alat kesehatan, PT Medika Maesindo Global (MMG) melakukan ekspor perdana produk baju pelindung diri (APD) sekali pakai (disposable) ke Australia sebanyak satu kontainer senilai 37.000 dollar AS, pada Kamis (9/9/2021).

Ekspor perdana dari pabrik di Temanggung, Jawa Tengah, ini berupa APD sekali pakai jenis lab coat berbahan baku spunbond polypropylene merek Oscardo.

Direktur Utama PT MMG, Purwadi Istiyanto mengatakan, ekspor perdana ini menjadi pemacu semangat untuk terus meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas.

 

Baca juga: Indonesia Ekspor Masker dan APD Lainnya Senilai Rp 2,9 Triliun Sepanjang 2020

Saat ini MMG telah menerima sejumlah kontrak pesanan untuk pengiriman sampai dengan pertengahan tahun 2022.

“Dalam waktu dekat kita juga akan ekspor produk material polypropylene spunbond dan APD disposable ke Amerika Serikat, Meksiko, Selandia Baru, Malaysia dan Thailand sebanyak 23 kontainer, kurang lebih senilai 550.000 dollar AS,” kata Purwadi dalam keterangan resminya, Jumat (10/9/2021).

Kapasitas produksi MMG saat ini mencapai 150 kontainer per bulan. Kapasitas tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus bertumbuh, yakni 70 persen pasar ekspor dan 30 persen pasar domestik.

PT Medika Maesindo Global (MMG) adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku masker dan APD untuk keperluan industri maupun medis.

Pabrik yang mulai efektif beroperasi pada April 2021 ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 380 orang dengan 95 persennya merupakan tenaga kerja lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com