Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kebutuhan Primer dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 12/09/2021, 17:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kelangsungan hidup. Jenis kebutuhan lain selain kebutuhan primer adalah kebutuhan tersier dan kebutuhan sekunder.

Dikutip dari Medium, kebutuhan primer adalah kebutuhan paling mendasar manusia dalam mempertahankan hidup secara layak, sehingga harus dipenuhi.

Kebutuhan primer adalah segala sesuatu yang menyangkut hal-hal pokok pada hidup manusia. Karena sifatnya bersifat wajib, maka apabila salah satu kebutuhan primer tidak tercukupi, maka seseorang akan mengalami kesulitan.

Baca juga: Apa Itu Surplus?

Contoh kebutuhan primer adalah sebagai berikut:

1. Pangan

Pangan adalah kebutuhan paling pokok manusia agar tetap sehat dan nutrisinya tercukupi.

2. Papan

Papan adalah nama lain dari tempat tinggal. Sebagai bagian dari kebutuhan hidup, tempat tinggal melindungi manusia dari panas dan hujan.

3. Sandang

Kebutuhan sandang adalah kebutuhan pokok manusia, di mana selain melindungi tubuh juga menjadikan manusia sebagai makhluk berbudaya.

Baca juga: Apa Itu Budget?

Perubahan zaman

Di luar kebutuhan primer dikenal dengan kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup.

Sementara kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang menyangkut usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi. Kebutuhan tersier seringkali disebut sebagai kebutuhan mewah.

Seiring perkembangan zaman, contoh kebutuhan primer adalah semakin bertambah. ergeseran zaman membuat beberapa kebutuhan sekunder beralih menjadi kebutuhan primer, termasuk perubahan dari kebutuhan tersier yang menjadi kebutuhan sekunder.

Contoh kebutuhan primer yang sebelumnya merupakan kebutuhan sekunder antara lain kebutuhan akan listrik, BBM, dan pendidikan.

Sementara beberapa kebutuhan tersier yang kini sudah dianggap kebutuhan sekunder adalah kepemilikan televisi, lemari pendingin, dan sebagainya.

Dalam beberapa kasus, beberapa kebutuhan tersier bahkan saat ini menjadi kebutuhan primer, seperti kebutuhan ponsel pintar dan laptop untuk pekerja kantoran.

Baca juga: Apa Itu Kompensasi?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com