Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Emiten Gas Industri Terus Melaju, Begini Proyeksi ke Depannya

Kompas.com - 13/09/2021, 19:34 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua saham emiten penyedia gas industri masih melaju. Saham PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) misalnya, menguat 40,56 persen sejak awal tahun.

Saham emiten pendatang baru, PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) juga masih berada di tren positif. Bahkan, saham SBMA mencetak auto rejection atas (ARA) sejak hari perdagangan perdana pada 8 September 2021.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Ivan Kasulthan menilai, penguatan dari saham AGII salah satunya akibat sentimen meningkatnya kasus baru Covid-19 yang terjadi pada bulan Mei-Juli lalu. Hal ini membuat kebutuhan akan tabung oksigen meningkat drastis namun tidak disertai dengan suplai yang memadai.

Baca juga: Wapres Ingatkan Anak-anak Muda Tak Terjebak Saham "Pompom"

Namun, pergerakan saham AGII saat ini sudah mulai relatif sepi jika dibandingkan dengan bulan Juli lalu, sehingga volatilitasnya juga menurun. Secara analisis teknikal, saham AGII diperkirakan akan bergerak cenderung sideways.

“Untuk rekomendasi speculative buy, dengan level support Rp 1.175 dan resistance Rp 1.390,” terang Ivan kepada Kontan.co.id, Senin (13/9).

Sementara itu, saham SBMA belum dapat dianalisis secara teknikal dikarenakan belum adanya historis sebagai pendukung analisa teknikal. Namun, apabila volume transaksi masih cukup ramai, terdapat indikasi potensi untuk melanjutkan penguatan.

Namun, perlu diperhatikan juga, saham SBMA sedikit rawan terjadinya aksi profit taking dikarenakan penguatan yang cukup tinggi sejak awal listing.

Senada, analis Panin Sekuritas William Hartanto menyebut saham SBMA memiliki pola yang sama dengan saham-saham yang baru IPO, yakni menguat dalam beberapa hari pertama. Sedangkan menguatnya saham AGII akibat terkena isu gas medis sehingga mengerek harga sahamnya.

Baca juga: 1 Lot Berapa Lembar Saham? Berikut Penjelasannya

Hemat William, masih ada peluang untuk beli saham AGII dengan target harga Rp 1.730. “Untuk SMBA kalau sekadar trading jangka pendek menurut saya masih bisa,” kata William.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Saham emiten gas industri melesat tinggi, begini proyeksi ke depan

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com