Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: PPKM Tetap Diberlakukan di Wilayah Jawa-Bali dan Tiap Minggu Dievaluasi

Kompas.com - 13/09/2021, 21:25 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan terus menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali.

PPKM ini lanjut Luhut, akan dievaluasi tiap minggunya dengan tujuan untuk melihat perkembangan angka kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah tersebut.

"Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM level ini di seluruh wilayah Jawa-Bali dan melakukan evaluasinya setiap satu minggu untuk menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," katanya dalam konfrensi pers PPKM secara virtual, Senin (13/9/2021).

Baca juga: PPKM Terus Diperpanjang, Survei BI: Konsumen Pesimistis terhadap Ekonomi RI

"Jadi, PPKM ini alat bagi kita untuk memonitor, dilepas, tidak dikendalikan terus nanti ada gelombang berikutnya. Kita sudah lihat pengalaman di berbagai negara. Kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama yang dilakukan di berbagai negara lain," lanjut Luhut.

Luhut menjelaskan, dalam penerapan perpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 yang dilakukan sejak 6-13 September 2021, perkembangan kasus secara nasional terus menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan dan capaian yang terus membaik.

Dia menuturkan hal ini terlihat dari penurunan tren kasus konfirmasi secara nasional hingga 93,9 persen dan secara spesifik di Jawa-Bali turun hingga 96 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli lalu. Yang tidak kalah penting, jumlah kasus aktif juga sudah turun di bawah 100.000 pada hari ini (13/9/2021).

Baca juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Ini Permintaan Pelaku Usaha Warteg

Pada penerapan PPKM yang dilakukan hingga minggu lalu, sambung dia, pemerintah menurunkan level Provinsi Bali menjadi level 3 sehingga kini hanya terdapat 3 kabupaten/kota yang masih bertengger di PPKM Level 4, dari 11 kota/kabupaten.

Selain itu, Luhut meminta kewaspadaan, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian di wilayah Jawa Tengah, seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com