Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kementan Salurkan Alsintan untuk 2 Poktan di Sumbar

Kompas.com - 14/09/2021, 19:06 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia dapat dicapai dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

Menurutnya, pada era industri 4.0, alsintan memiliki peran krusial dalam pertanian modern, utamanya yang berakitan dengan proses budi daya melalui mekansime pertanian.

"Alsintan merupakan sarana yang dianggap efektif meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Alsintan juga merupakan ciri pembangunan pertanian yang maju, mandiri, dan modern," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan alsintan kepada dua kelompok tani (poktan) di Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Kabupaten Agam dan Kota Bukitinggi.

SYL berharap, penyaluran alsintan, yakni cultivator dan hand sprayer, dapat membuat produktivitas sektor pertanian di Sumbar melonjak semakin drastis.

Baca juga: Kementan Targetkan Bangun 1.000 Jalan Usaha Tani Agar Alsintan Dapat Beroperasi

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menambahkan, penggunaan alsintan juga mampu menekan losses hasil panen raya petani, sehingga produktivitas dapat bertambah.

Tak hanya itu, alsintan juga mampu menekan biaya produksi yang dikeluarkan petani dalam proses budidaya pertanian.

"Penggunaan alsintan dapat meminimalkan losses hasil budi daya pertanian. Dengan begitu, dapat dipastikan produktivitas pertanian akan meningkat," ujarnya.

Saat mengolah lahan pertanian, misalnya, Ali menilai petani cukup memerlukan satu orang saja sebagai operator alsintan.

Dengan begitu, akan terjadi juga penghematan waktu dalam mengolah lahan jika menggunakan alsintan, sehingga masa tanam bisa dilakukan secara serentak.

Baca juga: Wujudkan Pertanian Maju, Kementan Lakukan Modernisasi Alsintan

Hal senada juga diungkapkan Direktur Alsintan Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP Kementan Andi Nur Alamsyah. Menurutnya, alsintan dapat membantu percepatan proses budi daya pertanian.

“Baik itu percepatan olah tanah, percepatan tanam, hingga percepatan panen. Dengan begitu, petani pun bisa meningkatkan indeks pertanaman (IP)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com