Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Ini Penjelasan Kemenhub

Kompas.com - 15/09/2021, 09:49 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi bahwa pesawat Rimbun Air cargo seri Twin Other 300 PK-OTW hilang kontak di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pesawat hilang kontak pukul 07.37 WIT hari ini, Rabu (15/9/2021).

"Kami memperoleh informasi bahwa pada hari Rabu, 15 September 2021 pukul 07.37 WIT, telah terjadi hilang kontak pesawat Rimbun Air PK-OTW di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya," ungkap Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Kronologis awal hilangnya kontak dari pesawat Rimbun Air yakni pada pukul 06.40 WIT pesawat take-off dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa kargo yang berisikan bahan bangunan.

Baca juga: Identitas Tiga Kru Pesawat Rimbun Air yang Hilang Kontak di Papua

Kemudian pada pukul 07.30 WIT, Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak. Hingga saat ini tidak ada lagi komunikasi dengan pesawat Rimbun Air PK-OTW.

Terdapat tiga kru di dalam pesawat tersebut yakni Mirza sebagai pilot, Fajar sebagai kopilot, dan Iswahyudi sebagai teknisi.

Adita mengatakan, saat ini Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke tengah melakukan koordinasi bersama Tim Aparat Keamanan dan BASARNAS dalam melakukan pencarian terkait hilangnya kontak pesawat tersebut.

"Perkembangan lanjut akan kami laporkan pada kesempatan pertama," pungkas Adita.

Baca juga: Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak di Intan Jaya Papua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com